Pages

Sabtu, 05 Maret 2016

KERAJAAN TERNATE

Kerajaan Gapi atau yang kemudian lebih dikenal sebagai Kesultanan Ternate (mengikuti nama ibukotanya) adalah salah satu dari 4 kerajaan Islam di Maluku dan merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Nusantara. Didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada 1257. Kesultanan Ternate memiliki peran penting di kawasan timur Nusantara antara abad ke-13 hingga abad ke-17. Kesultanan Ternate menikmati kegemilangan di paruh abad ke -16 berkat perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militernya.

Menurut catatan bangsa portugis kerajaan di Maluku yang pertama bercorak islam ialah Ternate dengan rajanya Gapi Baguna/ Datuk Maulana Husin (1465-1485). Setelah wafat digantikan putranya Zainal Abidin, kemudian mewakilkan pada keluarganya tahun 1495 karena dia memprdalam agama Islam pada Sunan Giri dan kemudian ke Malaka. Zainal Abidin memerintah hanya sampai tahun 1500, kemudian yang memerintah Ternate adalah Sultan Sirullah,Sultan Khairun,dan Sultan Baabullah.

            Sejak diperintah Sultan Khairun di Malaka telah berdatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda. Dari ketiganya bersaing tidak sehatsehingga sering terjadi konflik. Portugis mendirikan benteng Sao Paulo dengan tujuan membantu Ternate dari serangan Tidore yang dibantu spanyol. Sultan Khairun secara tegas menolak misionaris Portugis, yang kemudian Portugis mengadakan perjanjian perdamaian yang dipimpin oleh De Mesquita membunuh Sultan Khairun tahun 1570. Rakyat dipampin putrany yaitu Sultan Baabullah melawan Prtugis dan berhasil mengepung brnteng Sao Paulo, kemudian mengusir Portugis pada tahun 1575. Di bawah pemerintahan Sultan Baabullah wilayah kerajaan Ternate semakin luas meliputi seluruh Maluku,Papua, Timor dan Mindanau di Philipina. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023