Pages

Senin, 30 November 2020

PENULISAN KISI-KISI SOAL PAS K 13 MAPEL SEJARAH INDONESIA KLAS XI

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

     

 

Jenis Sekolah        : SMA

 

Mata Pelajaran    : SEJ INDO

 

Klas /Kurikulum  : XI IPA-IPS

 

Alokasi waktu       : 60

 

Jumlah Soal          :  50

 

Bentuk Soal          : P GANDA

 

Tahun Ajaran      :

 

 

No.

Kompetensi Dasar

Kls/ Smt

Konten/Materi

Indikator Soal

Bentuk soal

 

1

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Belanda(Prancis)

Peserta didik dapat ….. Herman Willem Daendels dikirim ke Indonesia

PG 1

2

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Belanda(Prancis)

Peserta didik dapat... VOC setelah dibubarkan.

PG 2

3

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Belanda(Prancis)

Peserta didik dapat …..Indonesia selama Daendels berkuasa di Indonesia.

PG 3

4

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Belanda(Prancis)

Peserta didik dapat …....pembuatan jalan Anyer - Panarukan bagi rakyat Indonesia

PG 4

5

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Inggris

Peserta didik dapat …............. di bidang politik pada zaman pemerintahan Inggris .

PG5

6

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Inggris

Peserta didik dapat …..History of Java

PG6

7

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam Paksa

Peserta didik dapat …....... Eduard Douwes Dekker mengungkapkan kekejaman pemerintah Belanda di Banten

PG 7

8

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam Paksa

Peserta didik dapat …....... dari sistem tanam paksa di Indonesia

PG 8

9

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam Paksa

Peserta didik dapat …...ketentuan pokok sistem tanam paksa

PG 9

10

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Politik Etis

Peserta didik dapat …. pelaksanaan Politik Etis

PG 10

11

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-20

XI / 1

Perlawanan Padri

Peserta didik dapat …...... Perang Padri di Minangkabau Sumatera Barat berubah sifatnya dari perang saudara menjadi perang nasional

PG 11

12

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-21

XI / 1

Perlawanan Diponegoro

Peserta didik dapat ….Perang  Diponegoro

PG 12

13

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-22

XI / 1

Perlawanan P Antasari

Peserta didik dapat …. Pangeran Antasari mendapat gelar ”Khalifatul Mukminin”

PG 13

14

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-23

XI / 1

Perlawanan bali

Peserta didik dapat …. Patih kerajaan Buleleng yang terkenal dalam perlawanan terhadap Belanda

PG 14

15

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-24

XI / 1

Penjajahan Belanda

Peserta didik dapat ….. mendorong Belanda ingin menguasai Aceh

PG 15

16

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-25

XI / 1

Perlawanan SisingamangarajanXII

Peserta didik dapat….  Sisingamangaraja XII

PG 16

17

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Belanda

Peserta didik dapat ….  pada periode 1799 - 1807 Indonesia

PG 17

18

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-25

XI / 1

Perlawanan Bali

Peserta didik dapat …. puputan.

PG 18

19

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-25

XI / 1

Perlawanan terhadap portugis

Peserta didik dapat …..Demak di bawah Fatahilah ke Jawa barat

PG 19

20

menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-25

XI / 1

perlawanan Diponegoro

Peserta didik dapat …. perjuangan Diponegoro

PG 20

21

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam Paksa

Peserta didik dapat …. Preanger Stelsel .

PG 21

22

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Pengertian Imperialisme

Peserta didik dapat …. Imperalisme modern

PG 22

23

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Isi Kapitulasi Tuntang

Peserta didik ….Kapitulasi Tuntang

PG 23

24

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Inggris

Peserta didik dapat ….. Raffles dalam memerintah Indonesia

PG 24

25

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Perjanjian London

Peserta didik ….perjanjian london

PG 25

26

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam paksa

Peserta didik dapat …. Cultur stelsell

PG 26

27

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam Paksa

Peserta didik ... cultur procenten

PG 27

28

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam Paksa

Peserta didik ...  tanam paksa

PG 28

29

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Politik etis

Peserta didik ... Politik balas budi (politik etis)

PG 29

30

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat...  Istilah Indonesia

PG 30

31

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ...Tri Koro Darmo

PG 31

32

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ... ISDV

PG 32

33

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ...  Indische Partij

PG 33

34

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ... Sarekat Dagang Islam

PG 34

35

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ….Kebangkitan nasional.

PG 35

36

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat... gerakan nasionalisme dikawasan Asia-Afrika

PG 36

37

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ...organisasinya Indonesia Merdeka

PG 37

38

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ...Perhimpunan Indonesia didirikan

PG 38

39

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ...  asas dari organisasi PNI

PG 39

40

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan VOC

Peserta didik ... octroi VOC

PG 40

41

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Prancis di Indonesia

Peserta didik ...penjajahan Perancis di Indonesia

PG 41

42

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik dapat ...Pergerakan nasional Indonesia

PG 42

43

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik ...taktik kooperasi

PG 43

44

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik ... konggres Pemuda kedua

PG 44

45

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Imperialisme Kuno

Peserta didik ... Imperialisme Kuno

PG 45

46

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan Portugis

Peserta didik .. perjanjian Saragosa

PG 46

47

Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

XI / 1

Penjajahan VOC

Peserta didik ... kebrangkrutan VOC

PG 47

48

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Politik tanam paksa

Peserta didik ...pelaksanaan Tanam Paksa

PG 48

49

menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

XI / 1

Tanam Politik Pintu Terbuka

Peserta didik dapat ...politik pintu terbuka

PG 49

50

menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

XI / 1

Pergerakan Nasional

Peserta didik...  ciri perjuangan setelah 1908

PG 50

Madiun,  November 2020

 

Guru Bidang Study

-------------------------------

NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023