Pages

Senin, 31 Mei 2021

50 SOAL UKG DAN JAWABANNYA Part I

 Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dari lima pilihan (A, B, C, D, E) dari nomor 1 sampai 25 untuk Part I dan untuk Soal UKG dan Jawabannya Part II  nomor 26 - 50 klik di sini.

Naskah Soal:

  1. Howard Gardner berpendapat bahwa pada diri peserta didik memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah:
    1. kecerdasan musikal dan logical matematika
    2. kecerdasan linguistik dan kinestik
    3. kecerdasan intrapersonal dan spatial
    4. kecerdasan spiritual dan emosional
    5. kecerdasan interpersonal

  1. Unesco PBB menetapkan 4 pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ………………………..
    1. a. learning to be
    2. b. learning to learn
    3. c. learning to experience
    4. d. learning to understand
    5. e. learning university
  1. Penerapan aturan kedisiplinan di sekolah yang berkait dengan pemberian reward dan punishment merupakan merupakan perwujudan dari teori pendidikan …….
    1. a. konstruktivistik
    2. b. behavioristik
    3. c. kognitivistik
    4. d. konektivistik
    5. e. realistic

Jawab:B

  1. Dalam pembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru lebih banyak berperan sebagai……
    1. a. stimulan
    2. b. fasilitator, kolaborator, inspirator
    3. c. pelatih
    4. d. panutan
    5. e. Instruktur

Jawab:B

  1. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Tujuannya adalah agar siswa …….
    1. a. mampu hidup bahagia
    2. b. memiliki ketrampilan vokasional
    3. c. memiliki keunggulan akademik
    4. d. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
    5. e. mampu mandiri

Jawab:B

  1. Guru sebagai pendidik profesional mempunyai  tugas utama……….
    1. a. membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia
    2.    dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
    3. b. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
    4. c. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
    5. d. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
    6. e. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik pada pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Jawab:Ç

  1. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap guru dalam prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu………..
    1. a. guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya
    2. b. guru menjadi sahabat belajar siswa
    3. c. guru menjadi fasilitator dan inovator dalam proses pembelajaran
    4. d. guru menjadi satu-satunya sumber belajar
    5. e. guru memberikan penghargaan kepada siswa

Jawab:A

  1. Seorang guru perlu bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran. Contoh berikut yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah …
    1. a. Dia adalah seorang guru yang bangga dan menjunjung tinggi pekerjaannya, dalam melakukan penilaian sesuai kemampuan peserta didik .
    2. b. Dia adalah seorang guru yang senantiasa berkomunikasi dengan orang tua peserta didik terutama kalau ada permasalahan dari putera atau puterinya.
    3. c. Sebagai seorang guru, dia selalu menyayangi dan memperhatikan perkembangan   peserta didiknya.
    4. d. Ketika seorang guru memarahi peserta didik, ada guru lain tidak terima dan menasehati agar tidak mengulangi.
    5. e. Seorang guru selalu melaksanakan apa yang diusulkan oleh orang tua peserta didiknya agar tercipta keharmonisan.

Jawab:A

  1. Kepribadian guru dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma religius (iman dan takwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik, maka guru tersebut … .
    1. a. memiliki kepribadian yang dewasa
    2. b. memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
    3. c. memiliki kepribadian yang arif
    4. d. memiliki kepribadian yang berwibawa
    5. e. memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan

Jawab:E

  1. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru supaya menjadi teladan bagi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ….
    1. a. Guru harus memiliki sikap dan kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan idola dalam seluruh segi kehidupannya
    2. b. Guru harus berusaha memilih dan melakukan perbuatan yang positif agar dapat mengangkat citra baik dan kewibawaannya
    3. c. Guru harus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari ajaran agama
    4. d. Guru harus mempunyai sifat terpuji yang dapat diikuti oleh peserta didik
    5. e. Guru harus dapat mempengaruhi peserta didik agar meniru tingkah lakunya

Jawab:E

  1. Learning dalam behavioris menekankan adanya….
    1. a. Perubahanpengetahuan
    2. b. Interaksiterusmenerus
    3. c. Perubahanperilaku
    4. d. Pemaknaaninformasibaru
    5. e. Pembelajaranbermakna

Jawab:C

  1. Pelaksanaan penilaian kinerjaguru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang ……………..
    1. a. Profesional, bermartabat dan sejahtera karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas   layanan profesi yang bermutu
    2. b. Mau menerima tunjangan profesi pendidik dan mau mengembangkan kompetensinya
    3. c.  Mau dan mampu mengembangkan kompetensinya serta selalu mengharap-harap turunnya TPP.
    4. d. Mau dan mampu meningkatkan layanan profesi pendidik yang bermutu.
    5. e. Mau menerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tetapi tidak mau dimasukkan surga.

Jawab:A

  1. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja  Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur pelaksanaan  penilaian kinerja  guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja yang ………..
    1. a. Berbasis kompetensi (competence-based)
    2. b. berbasis bukti (evidence-based appraisal).
    3. c. Berbasis manajemen sekolah (school-based management)
    4. d. Berbasis proses (process-based)
    5. e. Berbasis hasil (product-based)

Jawab:B

  1. Penilaian kinerja guru adalah penilaian  yang dilakukan terhadap …………
    1. a. setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
    2. b. setiap butir kompetensi guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
    3. c. setiap butir kompetensi pedagogik dan professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
    4. d. setiap butir kompetensi kepribadian, pedagogic, social dan professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
    5. e. setiap butir kompetensi guru dan tambahan guru dalam rangka

Jawab:A

  1. Guru sebagai pendidik profesional mempunyai  tugas utama……….
    1. a. membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
    2. b. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
    3. c. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
    4. d. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
    5. e. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

Jawab:C

  1. Ekspresi positif seorang guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut, kecuali….
    1. a. Menyayangi peserta didik dalam kebaikan
    2. b. Memberikan keteladanan dalam beribadah
    3. c. Berdoa setiap mengawali belajar dan berdisiplin
    4. d. Memberikan senyum, salam, sapa dan santun
    5. e. Marah-marah dan berlaku kasar terhadap orang lain

Jawab:E

 

  1. Ciri-ciri pribadi yang memiliki kecerdasan sosial adalah ……
    1. Adanya hubungan yang kuat dengan Tuhan, memberi manfaat kepada lingkungan, dan menghasilkan karya untuk membangun orang lain
    2. Bertanggungjawab, berdedikasi dan berwibawa
    3. Berperilaku baik, bertanggungjawab dan disiplin
    4. Profesional, pengalaman dan menggembangkan diri
    5. Berjiwa sosial, profesional dalam bekerja dan jujur

Jawab:C

 

  1. Cara guru untuk  melakukan komunikasi untuk menunjukkan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi dilakukan  adalah …….
    1. Lisan, tulisan dan bentuk lain
    2. Paparan
    3. Media pembelajaran
    4. Bahan pembelajaran
    5. Metode pembelajaran

Jawab:A

 

  1. Manakah indikator kompetensi pedagogik berikut paling tepat?:
    1. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, guru memberikan penghargaan terhadap berbagai agama dan keyakinan yang dianut, melakukan penilaian dan evaluasi.
    2. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kerjasama dengan teman sejawat, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
    3. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
    4. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan sopan dan santun, melakukan penilaian dan evaluasi.
    5. Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, mengawali dan mengakhiri pembelajaran tepat waktu, melakukan penilaian dan evaluasi.

Jawab:C

 

  1. Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru adalah tugas guru yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?:
    1. Kompetensi profesional.
    2. Kompetensi sosial.
    3. Kompetensi pedagogik.
    4. Kompetensi kepribadian.
    5. Inovasi dan kreativitas pembelajaran.

Jawab:E

  1. Seorang guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik peserta didik tersebut meliputi berbagai aspek berikut:
    1. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
    2. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, personal, dan latar belakang sosial budaya.
    3. Aspek fisik intelektual, sosial personal, moral, dan latar belakang sosial budaya.
    4. Aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang suku agama.
    5. Aspek fisik intelektual, kolegial, moral, dan latar belakang sosial budaya.

Jawab:A

  1. Dalam memilih sumber belajar harus memperhatikan kriteria sebagai berikut:
    1. Ekonomis: tidak harus terpatok pada harga yang mahal; Praktis: tidak memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka,
    2. Mudah: dekat dan tersedia di sekitar lingkungan kita,
    3. Fleksibel: dapat dimanfaatkan untuk berbagai kompetensi dasar,
    4. Sesuai dengan kompetensi dasar: mendukung proses dan pencapaian kompetensi dasar dan dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.
    5. Semua jawaban benar

Jawab:E

  1. Fungsi sumber belajar dalam proses kegiatan belajar mengajar, antara lain:
    1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan efisien dan (b) mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi sehingga waktu dapat lebih banyak digunakan untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran.
    2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
    3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
    4. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.
    5. Semua jawaban benar

Jawab:E

 

  1. Jika Anda melakukan kunjungan kelas dan memperhatikan guru telah memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka guru tersebut perlu diberi skor maksimal pada indikator……..:
    1. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
    2. Mengenali karakteristik peserta didik.
    3. Menguasi teori mendidik.
    4. Memahami perkembangan remaja.
    5. Pembelajaran yang mendidik.

Jawab:A

  1. Guru profesional antara lain mampu memilih materi pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran dimaksud?:
    1. Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.
    2. Materi pembelajaran yang tepat dan mutakhir.
    3. Materi sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
    4. Materi tidak harus dapat dilaksanakan di kelas.
    5. Materi sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.

Jawab:D

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023