Pages

Senin, 31 Mei 2021

50 SOAL UKG DAN JAWABANNYA Part II

 Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dari lima pilihan (A, B, C, D, E) dari nomor 26 sampai 50 untuk Part II dan yang belum membaca  Soal UKG dan Jawabannya Part I nomor 1 - 25 klik di sini.

Naskah Soal:

Baca juga : Soal PG USBN Biologi dan Jawabannya Part 1

26.           Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan memahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran adalah ……………

  1. A.    kompetensi kepribadian

    B.    kompetensi profesional

    C.    kompetensi sosial

    D.   kompetensi pedagogik

    E.     kompetensi pengetahuan

        Jawab:D

    27.           Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu …….

    A.    perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi

    B.    perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi

    C.    perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi

    D.   evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi

    E.     refleksi perencanaan, penerapan, evaluasi

              Jawab:B

     

    28.           Manakah kegiatan yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?:

    A.    Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

    B.    Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik.

    C.    Merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.

    D.   Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.

    E.     Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.

    Jawab:C

    29.           Mengapa guru wajib merancang rencana pembelajaran?:

    A.    Agar peserta didik dapat mencapai Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan.

    B.    Agar peserta didik dapat berpartisipasi secara maksimal dalam proses pembelajaran.

    C.    Agar peserta didik tidak sampai mengganggu peserta didik lain pada saat proses pembelajaran berlangsung.

    D.   Agar peserta didik termotivasi kemauan belajarnya.

    E.     Agar peserta didik terfasilitasi pengamalam belajarnya dengan baik.

    Jawab:A

    30.           Berikut adalah alasan paling tepat guru perlu mengatur kelas pada saat pembelajaran berlangsung:

    A.    Dapat memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.

    B.    Guru dapat memperhatikan potensi dan kekurangan peserta didik.

    C.    Peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.

    D.   Agar tidak membuka peluang peserta didik merugikan peserta didik lainnya.

    E.     Mencegah adanya perilaku menyimpang dari peserta didik selama proses pembelajaran.

             Jawaban:A

    31.           Guru telah menetapkan berbagai pendekatan, strategi, model, motode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif, hal tersebut berkaitan dengan standar kompetensi berikut:

    A.    Sosial.

    B.    Pedagogik.

    C.    Personal.

    D.   Profesional.

    E.     Kepribadian.

    Jawab:B

    32.           Peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah harus mengondisikan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap guru perlu memahami dan menggunakan prinsip pembelajaran yakni:

    A.    Dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu; Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar; Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;

    B.    Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi; Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;

    C.    Dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju; pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;

    D.   Dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif; Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);

    E.     Semua jawaban benar.

    Jawab:A

     

    33.           Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan ….

    A.    Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Pengelolaan.

    B.    Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.

    C.    Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan.

    D.   Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.

    E.     Struktur kurikulum, beban belajar, RPP, dan sistem penilaian

    Jawab:B

    34.           Salah satu proses pembelajaran scientific yang baik adalah:

    A.    Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.

    B.    Penjelasan guru, cenderungmenggunakanpendekatantradisional.

    C.    Berbasis pada konsep, tanpalandasanteori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.

    D.   Tujuan pembelajaran dirumuskan secara detail dan jelas, tanpamengindahkanpenyajiannya menarik.

    E.     Menerapkan langkah 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan) pada setiap pembelajaran.

        Jawab:E

    35.           Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach). Manakah yang tidak tepat berkaitan dengan pernyataan tersebut?:

    A.    Pendekatan pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan berdasarkan cara kerja ilmiah.

    B.    Melalui pendekatan ini siswa akan diajak meniti jembatan emas sehingga ia tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan (knowledge) semata tetapi juga akan mendapatkan keterampilan dan sikap-sikap yang dibutuhkan dalam kehidupannya kelak.

    C.    Saat belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat berlatih menalar secara induktif (inductive reasoning).

    D.   project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam pendekatan saintifik

    E.     project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam pendekatan saintifik yang berorientasi pada masalah.

             Jawab:E

    36.           Model pembelajaran ini peserta didik difasilitasi melakukan pembelajaran aktif. Mereka benar-benar akan dibuat aktif baik secara hands on (melalui kegiatan-kegiatan fisik), maupun secara minds on (melalui kegiatan-kegiatan berpikir/secara mental). Karena itulah, ruh dari pelaksanaaan model pembelajaran ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013. Model pembelajaran yang dimaksud adalah:

    A.    Inkuiri

    B.    PBM (Problem Based Learning)

    C.    PBL (Project Based Learing)

    D.   Discovery learning

    E.     Cooperative learning

        Jawab:C

    37.           Model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual dimana peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata (real world) sehingga merangsang peserta didik untuk belajar, merupakan ciri khas model pembelajaran berikut:

    A.    Inkuiri

    B.    PBM (Problem Based Learning)

    C.    PBL (Project Based Learing)

    D.   Discovery learning

    E.     Cooperative learning

         Jawab:B

    38.           Model-model pembelajaran selalu memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga guru dapat mempertimbangkannya bilamana akan menerapkan model pembelajaran tersebut. Berikut adalah kelebihan dari salah satu model pembelajaran:“Dengam model pembelajaran ini belajar dapat semakin bermakna dan dapat diperluas ketika peserta didik  berhadapan dengan situasi di mana konsep diterapkan, peserta didik mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan, oleh karenanya melalui pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok”. Model pembelajaran manakah yang memiliki kelebihan seperti pada informasi di atas?:

    A.    Inkuiri.

    B.    PBM (Problem Based Learning).

    C.    PBL (Project Based Learing).

    D.   Discovery learning.

    E.     Cooperative learning.

    Jawab:C

    39.           Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai konteks lingkungan peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu contoh implementasi model pembelajaran berikut:

    A.    Inkuiri

    B.    PBM (Problem Based Learning)

    C.    PBL (Project Based Learing)

    D.   Discovery learning

    E.     Cooperative learning

        Jawab:B

    40.           Model pembelajaran ini mengacu kepada teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan peserta didik mengorganisasi sendiri. Sebagai model pembelajaran, pembelajaran ini lebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Pembelajaran demikian merupakan ciri dari model pembelajaran berikut:

    A.    Inkuiri

    B.    PBM (Problem Based Learning)

    C.    PBL (Project Based Learing)

    D.   Discovery learning

    E.     Cooperative learning

    Jawab:D

    41.           Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:

    A.    Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mencipta.

    B.    Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan menalar.

    C.    Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengevaluasi.

    D.   Menerima, menghayati, menghargai, menjiwai, menjalankan.

    E.     Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.

             Jawab:E

    42.           Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui kegiatan berikut:

    A.    Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan jurnal.

    B.    Observasi, penilaian diri, jurnal, dan portofolio.

    C.    Observasi, penilaian sejawat, jurnal, dan portofolio.

    D.   Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan projek.

    E.     Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan projek.

         Jawab:A

     

    43.           Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ……

    A.    mengungkapkan kebenaran

    B.    menjawab masalah guru

    C.    memperbaiki kinerja guru

    D.   mengumpulkan informasi

    E.     meningkatkan mutu sekolah

             Jwb:C

    44.           Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ……

    A.    kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar

    B.    keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

    C.    keinginan untuk membantu guru

    D.   kepedulian peneliti akan kinerja guru

    E.     memperbaiki kinerja guru

            Jawab:A

    45.            Syarat karya tulis ilmiah yang baik menurut Buku V Pedoman Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah ……

    A.    Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten

    B.    Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik

    C.    Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik dan Holistik

    D.   Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Holistik

    E.     Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik, Holistik dan Realistik

            Jawab: A

     

    46.           Ranah kompetensi untuk dimensi pengetahuan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:

    A.    Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis, menganalisis, mencipta.

    B.    Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta.

    C.    Mengingat, memahami, menerapkan, menalar, menganalisis, mengevaluasi.

    D.   Mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, mencipta.

    E.     Mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

        Jawab:E

    47.           Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui aktivitas berikut:

    A.    Penugasan, projek, dan portofolio

    B.    Penugasan, portofolio, dan tes tulis

    C.    Tes tulis, tes lisan, dan penugasan

    D.   Tes tulis, penugasan, dan projek

    E.     Tes tulis, tes lisan, dan jurnal

        Jawab:C

    48.           Ranah kompetensi untuk keterampilan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:

    A.    Mengamati, menanya, memahami, mencoba, menalar, dan menyaji

    B.    Mengamati, menanya, mencoba, melakukan, menyaji, dan mencipta.

    C.    Mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar, menyimpulkan.

    D.   Mengamati, menanya, memahami, menalar, menyaji, dan mencipta.

    E.     Mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.

             Jawab:B

    49.           Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui aktivitas berikut:

    A.    Tes praktik, tes tulis, projek, dan portofolio

    B.    Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio

    C.    Tes lisan, tes tulis, projek, dan portofolio

    D.   Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan projek

    E.     Portofolio, projek, penugasan, dan tes praktek

             Jawab:E

    50.           Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?

    A.    apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XISMKN Malang

    B.    bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMKN 10 Malang

    C.    mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional

    D.   bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah

    E.     bagaimana cara memanfaatkan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah

        Jawab:B


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023