Pages

Selasa, 05 Januari 2016

Contoh RPP Sejarah Kurikulum 2013



CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran
:
Sejarah (Peminatan)
Kelas/Semester
:
X/ Semester 1
Materi Pokok
:
Historiografi
Alokasi Waktu
:
3 x 3 JP @ 45 menit (3 x Pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1
Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur.
1.2
Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.2
Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
2.3
Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.8
Menganalisis keterkaitan perbedaan  ciri-ciri dari historiografi  tradisional, kolonial dan modern.
Indikator:
1)      Membaca buku teks tentang pengertian historiografi
2)      Mengumpulkan informasi mengenai historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber belajar lain selain buku teks.
3)      Menjelaskan historiografi tradisional
4)      Menjelaskan historiografi kolonial
5)      Menjelaskan historiografi modern
6)      Menelaah perbedaan historiografi tradisional, kolonial dan modern
7)      Menelaah persamaan historiografi tradisional, kolonial dan modern
8)      Menyimpulkan persamaan dan perbedaan historiografi tradisional, kolonial dan modern
4.8
Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern.
Indikator:
1)      Menampilkan laporan sederhana hasil mengklasifikasi tentang historiografi dan ciri-ciri pembeda historiografi tradisional, kolonial dan modern berikut contohnya.
2)      Mengkategorikan berbagai informasi yang sudah dikumpulkan mengenai historiografi tradisional, kolonial dan modern.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu menunjukkan rasa bersyukur atas proses kelahiran manusia Indonesia dengan diberikan kesempatan untuk mengamati dan membaca tulisan sejarah mengenai proses kelahiran manusia Indonesia.
2.      Siswa mampu mengubah perilaku dengan mengikuti keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agama setelah diberikan kesempatan untuk mengamati perilaku pemimpin dalam mengamalkan ajaran agama.
3.      Siswa dapat menunjukkan ketekunan dan bertanggung jawab secara individu dalam mengumpulkan data dan membuat laporan tentang historiografi secara berkelompok
4.      Siswa mampu menolak untuk mencontek dan memberi contekan kepada teman pada saat evaluasi.
5.      Siswa mampu membaca buku teks tentang historiografi setelah ditunjukkan buku mana yang dapat menjadi referensi
6.      Siswa mampu mengumpulkan informasi mengenai historiografi tradisional, kolonial dan modern, setelah ditunjukkan buku-buku yang terkait dengan historiografi dan tautan-tautan di internet yang dapat diunduh.
7.      Siswa dapat menjelaskan tentang historiografi tradisional setelah ditunjukkan contoh-contoh gambar historiografi tradisional.
8.      Siswa dapat menjelaskan tentang historiografi kolonial setelah ditunjukkan contoh-contoh gambar historiografi kolonial.
9.      Siswa dapat menjelaskan tentang historiografi modern setelah ditunjukkan contoh-contoh gambar historiografi modern.
10.  Siswa mampu menjelaskan  perbedaan historiografi tradisional, kolonial dan modern setelah diberikan beberapa gambar dan informasi mengenai historiografi tradisional, kolonial dan modern.
11.  Siswa mampu menjelaskan persamaan historiografi tradisional, kolonial dan modern setelah diberikan beberapa gambar dan informasi mengenai historiografi tradisional, kolonial dan modern.
12.  Siswa mampu menyimpulkan persamaan dan perbedaan historiografi tradisional, kolonial dan modern setelah diberikan beberapa gambar dan informasi mengenai historiografi tradisional, kolonial dan modern.
13.  Siswa dapat menampilkan laporan sederhana hasil mengklasifikasi tentang historiografi dan ciri-ciri pembeda historiografi tradisional, kolonial dan modern berikut contohnya secara berkelompok
14.  Diberikan papan kategorisasi untuk Mengkategorikan berbagai informasi yang sudah dikumpulkan mengenai historiografi tradisional, kolonial dan modern.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Historiografi
2.      Historiografi tradisional
3.      Historiografi kolonial
4.      Historiografi modern

E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan            : Sciencetific Learning
Model                    : Problem Based Learning
Metode                   : discovery dan diskusi

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
a.       Papan kategorisasi
b.      Gambar-gambar yang terkait dengan Historiografi tradisional, kolonial dan modern.
c.       Manual pembuatan laporan

2. Alat dan Bahan (untuk setiap kelompok)
No
Jenis
Jumlah
1
Kertas karton
1
2
Gambar tahap Perkembangan Historiografi
1
3
Gambar Historiografi tradisional
1
4
Gambar historiografi kolonial
1
5
Gambar historiografi modern
1
6
Kertas HVS/Folio bergaris
3

3. Sumber Belajar
a.       Buku Paket Sejarah kelas X
b.      Buku sejarah yang relevan

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
1.      Pendahuluan (15 menit)
a.       Siswa diminta berdoa, sebagai wujud syukur menjadi orang Indonesia.
b.      Siswa diperiksa kehadirannya (diabsen)
c.       Pemusatan perhatian dan pemotivasian dengan menceritakan tentang buku-buku sejarah yang ada selama ini.
d.      Menunjukkan contoh-contoh buku (atau gambar-gambar) yang terkait dengan historiografi, kemudian dapat bertanya kepada siswa, “siapa yang sudah pernah melihat buku-buku/gambar ini, atau mungkin ada yang sudah tahu apa isi dari buku ini?”
e.       Siswa diberitahu tentang tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari serta alternatif kegiatan pembelajaran.
f.       Apersepsi: meminta tanggapan siswa mengenai materi sebelumnya (materi sebelum historiografi adalah penelitian sejarah) dan mengkaitkan dengan materi yang akan dibahas.

2.      Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Menyiapkan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa.
b.      Membagi siswa dalam kelompok (5-6 siswa/kelompok) serta mendistribusikan alat dan bahan kepada masing-masing kelompok
c.       Membimbing kelompok untuk melakukan pengamatan melalui membaca buku teks serta sumber belajar lain tentang historiografi, historiografi tradisional, kolonial, dan modern.
d.      Membimbing kelompok untuk  berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman mengenai pengertian historiografi, historiografi tradisional, kolonial dan modern
e.       Membimbing kelompok untuk merumuskan pertanyaan, apakah pengertian historiografi tradisional sama dengan historiografi kolonial dan modern?
f.       Membimbing kelompok untuk mengumpulkan data dan menemukan persamaan antara historiografi tradisional, kolonial dan modern kemudian merumuskan jawaban sementara
g.      Membimbing kelompok untuk dapat menganalisis informasi yang didapat dengan mengelompokkannya ke dalam historiografi tradisional, kolonial dan modern.
h.      Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk tulisan termasuk mengkombinasikannya dengan gambar yang ada.
i.        Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mengkategorikan hasil pengamatan dalam kertas karton yang tersedia.
j.        Memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasilnya dan ditanggapi oleh kelompok lain serta menemukan simpulan bersama mengenai pengertian dan  persamaan historiografi tradisional, kolonial dan modern.
k.      Memberikan kesempatan siswa untuk membaca dan membuat glosarium dalam buku catatan mereka mengenai kata-kata penting.
Catatan: sambil melakukan pembimbingan, guru melakukan penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap

3.      Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur menjadi orang Indonesia.
b.      Guru bersama siswa melakukan penilaian bersama, terhadap hasil kinerja kelompok yang dianggap baik, nantinya penilaian tersebut digabungkan dan diberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik (penghargaan dapat berbentuk pujian atau dibuat piagam sederhana yang dapat ditempelkan di dinding kelas atau penghargaan lain yang relevan).


PERTEMUAN II
1.      Pendahuluan (15 menit)
a.       Siswa diminta berdoa, sebagai wujud syukur menjadi orang Indonesia.
b.      Siswa diperiksa kehadirannya (diabsen)
c.       Pemusatan perhatian dan pemotivasian dengan menceritakan hasil diskusi dari pertemuan berikutnya.
d.      Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang pengertian historiografi, historiografi tradisional, kolonial dan modern.
e.       Siswa diberitahu tentang tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari serta alternatif kegiatan pembelajaran.
f.       Apersepsi: meminta tanggapan siswa mengenai materi sebelumnya  dan mengkaitkan dengan materi yang akan dibahas.

2.      Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Menyiapkan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa.
b.      Siswa kembali duduk dengan kelompok, namun kelompoknya tidak sama dengan pertemuan berikutnya (5-6 siswa/kelompok)
c.       Membimbing kelompok untuk melakukan pengamatan melalui membaca buku teks serta sumber belajar lain tentang historiografi, historiografi tradisional, kolonial, dan modern.
d.      Membimbing kelompok untuk  berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman mengenai  perbedaan  historiografi tradisional, kolonial dan modern
e.       Membimbing kelompok untuk merumuskan pertanyaan, apakah perbedaan antara  historiografi tradisional dengan historiografi kolonial dan modern?
f.       Membimbing kelompok untuk mengumpulkan data dan menemukan perbedaan  antara historiografi tradisional, kolonial dan modern kemudian merumuskan jawaban sementara
g.      Membimbing kelompok untuk dapat menganalisis informasi yang didapat dengan mengelompokkannya ke dalam historiografi tradisional, kolonial dan modern.
h.      Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk tulisan termasuk mengkombinasikannya dengan gambar yang ada.
i.        Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mengkategorikan hasil pengamatan dalam kertas karton yang tersedia.
j.        Memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasilnya dan ditanggapi oleh kelompok lain serta menemukan simpulan bersama mengenai perbedaan historiografi tradisional, kolonial dan modern.
k.      Memberikan kesempatan siswa untuk membaca dan membuat glosarium dalam buku catatan mereka mengenai kata-kata penting.
Catatan: sambil melakukan pembimbingan, guru melakukan penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap

3.      Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur menjadi orang Indonesia.
b.      Guru bersama siswa melakukan penilaian bersama, terhadap hasil kinerja kelompok yang dianggap baik, nantinya penilaian tersebut digabungkan dan diberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik (penghargaan dapat berbentuk pujian atau dibuat piagam sederhana yang dapat ditempelkan di dinding kelas atau penghargaan lain yang relevan).
c.       Meminta siswa untuk mencari informasi tentang biografi pemimpin Indonesia dari berbagai sumber, sebagai bahan untuk pertemuan berikutnya. Tokoh-tokoh tersebut bisa diambil dari historiografi tradisional, kolonial maupun modern dengan menentukan satu atau dua nama untuk masing-masing historiografi

PERTEMUAN III
1.      Pendahuluan (15 menit)
a.       Siswa diminta berdoa, sebagai wujud syukur menjadi orang Indonesia.
b.      Siswa diperiksa kehadirannya (diabsen)
c.       Pemusatan perhatian dan pemotivasian dengan menceritakan tokoh-tokoh pemimpin dari berbagai jaman berdasarkan historiografi yang ada.
d.      Memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai tugas yang diminta pada pertemuan sebelumnya serta mengapa siswa memilih tokoh yang dimaksud.
e.       Siswa diberitahu tentang tujuan yang diharap kan atau garis besar materi yang akan dipelajari serta alternatif kegiatan pembelajaran.
f.       Apersepsi: meminta tanggapan siswa mengenai materi sebelumnya  dan mengkaitkan dengan materi yang akan dibahas.

2.      Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Menyiapkan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa.
b.      Siswa kembali duduk dengan kelompok, kelompok dibagi berdasarkan banyaknya tokoh pemimpin yang dikumpulkan oleh siswa
c.       Membimbing kelompok untuk melakukan pengamatan melalui membaca informasi yang sudah dibawa oleh siswa ditambah dengan historiografi yang relevan.
d.      Membimbing kelompok untuk  berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman mengenai  peranan tokoh dalam sejarah perkembangan Indonesia dan mengkaitkan dengan pengamalan ajaran agama serta peran tokoh tersebut dalam mengatasai masalah-masalah sosial yang timbul pada jamannya.
e.       Membimbing kelompok untuk merumuskan pertanyaan, bagaimana  peranan tokoh dalam sejarah perkembangan Indonesia? Apa kaitannya  dengan pengamalan agama yang dianut? serta peran tokoh tersebut dalam mengatasai masalah-masalah sosial yang timbul pada jamannya?.
f.       Membimbing kelompok untuk mengumpulkan data dan menemukan peranan tokoh tersebut dan  merumuskan jawaban sementara
g.      Membimbing kelompok untuk dapat menganalisis informasi yang didapat dengan mengelompokkannya ke dalam peranan tokoh dalam sejarah perkembangan Indonesia, pengamalan agama yang dianut dan peran tokoh terebut dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang timbul di jamannya.
h.      Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk tulisan termasuk mengkombinasikannya dengan gambar yang ada.
i.        Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mengkategorikan hasil pengamatan dalam kertas karton yang tersedia.
j.        Memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasilnya dan ditanggapi oleh kelompok lain serta menemukan simpulan bersama mengenai peranan tokoh-tokoh pemimpin di Indonesia
k.      Memberikan kesempatan siswa untuk membaca dan membuat glosarium dalam buku catatan mereka mengenai kata-kata penting.
Catatan: sambil melakukan pembimbingan, guru melakukan penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap

3.      Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur menjadi orang Indonesia dan dapat meneladani pengamalan agama masing-masing tokoh serta bagaimana implementasinya pada saat sekarang.
b.      Guru bersama siswa melakukan penilaian bersama, terhadap hasil kinerja kelompok yang dianggap baik, nantinya penilaian tersebut digabungkan dan diberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik (penghargaan dapat berbentuk pujian atau dibuat piagam sederhana yang dapat ditempelkan di dinding kelas atau penghargaan lain yang relevan).

H.    PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
    Pengamatan Sikap
    Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
    Tes Unjuk Kerja
    Lembar observasi
    Tes Tertulis
    Tes Uraian dan Pilihan
    Portofolio
    Panduan Penyusunan Portofolio

2. Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa bersyukur atas proses kelahiran manusia Indonesia




2
Mengubah perilaku dengan mengikuti keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agama.




3
Menunjukkan sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.




4
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




5
Menolak mencontek dan memberi contekan kepada teman






Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang Dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa bersyukur atas proses kelahiran manusia Indonesia
3
Menunjukkan ekspresi rasa bersyukur menjadi orang Indonesia bisa (verbal dan/atau non verbal)
2
Belum secara eksplisit menunjukkan ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap proses kelahiran manusia Indonesia
1
Tidak menunjukkan ungkapan syuku dan tidak berminat terhadap proses kelahiran manusia Indonesia
2
Mengubah perilaku dengan mengikuti keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agama.
3
Menunjukkan perubahan perilaku dalam menjalankan ibadahnya
2
Belum secara langsung menunjukkan perubahan perilaku dalam menjalankan ibadahnya tetapi sudah mau untuk diminta menjalankan ibadahnya
1
Sama sekali belum ada perubahan perilaku
3
Menunjukkan sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
3
Menunjukkan tindakan responsif dan pro aktif pada saat teman mendapat kesulitan
2
Menunjukkan tindakan responsif tetapi belum pro aktif ketika teman mendapat kesulitan
1
Tidak menunjukkan respon dan tidak pro aktif ketika teman mendapat kesulitan
4
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang dapat dilakukan dan berupaya tepat waktu
2
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1
Tidak bersungguh-sungguh dalam menyelsaikan tugas dan tugasnya tidak selesai
5
Menolak mencontek dan memberi contekan kepada teman
3
Menolak memberi contekan dan tidak mencontek pada saat ulangan
2
Tidak mencontek tapi memberikan contekan pada saat ulangan
1
Mencontek dan memberikan contekan pada saat ulangan
b. Penilaian  Unjuk Kerja
Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu. Penilaian menggunakan lembar observasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap pembelajaran.

Pedoman penilaian unjuk kerja:

No
Unjuk Kerja
Aspek yang dinilai
Skor
1
Laporan Hasil Diskusi
Sistematika Penulisan
25
Kesesuaian Isi
50
Kesimpulan
25
Total Skor
100


Contoh Lembar Observasi

No
Aspek yang diamati
B
C
K
Keterangan
1
Komunikasi





a
Kemampuan mengemukakan pendapat




b
Menghargai pendapat teman




c
Keberanian bertanya kepada guru




2
Bekerja sama





a
Tanggung jawab terhadap tugas




b
Membantu teman




c
Kekompakan dalam kelompok




d
Menghargai waktu




3
Informasi





a
Mencari informasi




b
Mengolah informasi




4
Berpikir dan bernalar





a
Menganalisis masalah




b
Membuat kesimpulan





Keterangan :
B         : baik
C         : cukup
K         : kurang


c. Tes Uraian dan Pilihan Ganda

1
Tradisi sejarah tertua masyarakat Indonesia yang sudah mengenal tulisan adalah...
a. Prasasti Purnawarman
b. Prasasti Talang Tuwo
c. Menhir Pasemah
d. Prasasti Kutai
e. Punden Berundak
2
Apabila seorang veteran sedang menulis tentang riwayat hidupnya, berarti ia sedang membuat …
a. autokritik
b. autobiografi
c. historiografi
d. curriculum vitae
e. biografi
3
Tokoh yang bertugas sebagai ahli menulis dalam segala hal yang berkaitan dengan lingkungan kerajaan disebut …
a. Penyair
b. Empu
c. pujangga
d. juru tulis
e. sekretaris
4
Visi sejarah yang ditampilkan dalam historiografi nasional pada awal kemerdekaan adalah …
a. Neerlando-sentris
b. Religio-magisme
c. Raja-sentrisme
d. Indonesia-sentris
e. Multidimensional
5
Sebuah buku berjudul Tinjauan Kritis Sejarah Banten dianggap sebagai buku pertama karangan seorang Indonesia yang menampilkan penulisan sejarh dengan tinjauan secara kritis. Pengarang buku tersebut adalah …
a. Taufik Abdullah
b. Kuntowijoyo
c. Husein Djajaningrat
d. Soekmono
e. Sartono Kartodirdjo
6
Tokoh berikut adalah seorang sejarawan yang berjasa memperkenalkan aspek metodologi dan teoritis dalam perkembangan penulisan sejarah di Indonesia. Oleh karena kepakarannya dalam bidang ilmu sejarah ia juga dikenal sebagai empu sejarah Indonesia. Tokoh yang dimaksud adalah …
a. Taufik Abdullah
b. Kuntowijoyo
c. Husein Djajaningrat
d. Soekmono
e. Sartono Kartodirdjo

7
Perhatikan data-data berikut:
1) Hikayat
2) Syair
3) Panji
4) Babad
Data-data di atas merupakan contoh historiografi …
a. Kerajaan
b. Nasional
c. kolonial
d. tradisional
e. internasional
8
Historiografi yang didominasi oleh kalangan lingkungan kerajaan disebut …
a. Historiografi kerajaan
b. Historiografi nasional
c. Historiografi colonial
d. Historiografi tradisional
e. Historiografi internasional
9
Berikut ini yang bukan termasuk ciri-ciri historiografi tradisional adalah …
a. etno-sentrisme
b. raja-sentrisme
c. religi-sentrisme
d. alat legitimasi kekuasaan
e. Pendekatan multidimensi
10
Salah satu sifat historiografi tradisional ialah religio sentries, yang artinya...
a. Segala sesuatu dipusatkan pada raja
b. Dihubungkan dengan hal-hal gaib
c. Raja dianggap memiliki charisma
d. Dihubungkan dengan hal-hal takhayul
e. Yang dibicarakan hanyalah golongan bangsawan

Soal Uraian

1.      Jelaskan tentang Historiografi dalam bentuk peta konsep!
2.      Jelaskan ciri-ciri penting penulisan sejarah yang neerlandosentris!
3.      Jelaskan ciri-ciri penting penulisan sejarah yang indonesiasentris!
4.      Gambarkan dan jelaskan dalam bentuk bagan perbedaan historiografi tradisional, kolonial dan modern!

 Cara Penilaian.
1.      Untuk setiap soal pilihan ganda yang benar diberi nilai 2 sehingga skor maksimal untuk pilihan ganda adalah 2 x 10 = 20
2.      Untuk soal uraian:
a.       Soal 1: Skor maksimal 20
b.      Soal 2: Skor maksimal 15
c.       Soal 3: Skor maksimal 15
d.      Soal 4: Skor maksimal 30
Total                              80
3.      Total Skor:
a.       Pilihan Ganda      :   20
b.      Uraian                  :   80
Total                           : 100


Sumber : DR. Rudi Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023