Pages

Kamis, 30 April 2015

KERAJAAN TARUMANEGARA

A. Lokasi
            Letak kerajaan tarumanegara ada di wilayah Jawa Barat dengan pusatnya di sekitar daerah Bogor, antara sungai Cisadane & Citarum. Wilayah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara hampir seluruh wilayah Jawa Barat, muliputi Banten, Jakarta, sampai perbatasan Cirebon.


B. Sumber Sejarah
1.     Berita Asing
Berita Asing dari zaman Dynasti Ta’ang, menyebutkan bahwa pendeta bernama Fa-Hien terdampar di pantai utara Pulau Jawa (414) ketika ia akan kembali dari India ke China. Dalam catatannya di ceritakan bahwa di pantai utara Pulau Jawa bagian barat telah di temukan masyarakat yg mendapat pengaruh Hindu. Masyarakat itu di perkirakan bagian dari masyarakat Kerajaan Tarumanegara.
2.     Prasasti
Ada 7 Prasasti yg menyatakan keberadaan Kerajaan Tarumanegara, di tulis dengan huruf Pallawa & bahasa Sansekerta, meliputi:
a)       Prasasti Ciaruteun (di sekitar Bogor)
Prasasti ini berbentuk Syair, bergambar telapak kaki sebagai bekas kaki raja Tarumanegara yg gagah berani.
b)       Prasasti Jambu (di sekitar Bogor)
Prasasti ini menyebutkan bahwa, baju ziarah Raja Purnawarman tidak dapat di tembus senjata musuh, di hormati para Pangeran.
c)       Prasasti Tugu
Prasasti terpanjang & terpenting dari Raja Purnawarman, yaitu berisi: Perintah Raja Purnawarman untuk menggali sungai Gomati yg panjangnya sekitar 11 km, di selesaikan dalam waktu 21 hari, lalu diadakan selamatan dengan memberikan 1000 ekor sapi kepada para Brahmana.
d)       Prasasti Pasi Awi & Muara Cianten
Kedua prasasti ini belum dapat di baca.
e)       Prasasti Lebak ? Munjul (di tepi Sungai Cidanghiang, Kec. Munjul, banten Selatan )
Yang berbunyi “ ini tanda keperwiraan, keagungan & keberanian yang sungguh-sungguh dari Raja dunia yang mulia Purnawarman yang menjadi Panji Dunia”.
f)        Prasasti Kebon Kopi (di sekitar Bogor)
Prasasti ini bergambar telapak kaki gajah.
Ketujuh Prasasti tersebut tidak di jelaskan angka tahun,sehingga diadakan perbandingan melalui huruf-huruf Prasasti yang di temukan di India, tang menjelaskan Prasasti itu di tulis pada abad ke-5 M.

C. Kehidupan Politik
            Berdasarkan tulisan pada prasasti di ketahui bahwa Raja yg memerintah adalah Raja Purnawarma, sedangkan bukti-bukti yg menyatakan keberadaan raja-raja sebelumnya dan sesudahnya tidak ada. Bukti yang menyatakan Purnawarman sebagai Raja yang Besar adalah:
Ø  Prasasti Ciaruteun yang berganbar telapak kaki
Ø  Prsasti Jambu
Ø  Prasasti Kebon Kopi yang bergambar telapak kaki Gajah
Ø  Prasasti Tugu

D. Kehidupan Ekonomi
            Kehidupan ekonomi Tarumanegara pada berbagai bidang antara lain:
v  Pertanian. Dapat di lihat dari Prasasti Tugu yg menyatakan bahwa Raja Purnawarman membangun sebuah saluran air sepanjang 6122 ton bak.
v  Perkebunan. Berdasarkan catatan Fa-Hein di sebutkan bahwa penduduk telah bisa membuat minuman dari bunga kelapa (tuak).
v  Perburuan & Perdagangan. Sesuai dengan berita yang menyatakan bahwa salah satu komoditas yang di perjual belikan oleh pedagang Tarumanegara dengan China adalah Cula Badak & Gading Gajah (hasil perburuan),serta kulit penyu.
v  Pertambangan Emas & Perak merupakan barang tambang yang di hasilkan di Tarumanegara dan merupakan barang dagang yang di gemari pedagang China.
v  Peternakan. Dalam prasasti Tugu di nyatakan bahwa setelah selesai pembuatan saluran air kemudian diadakan selamatan dengan menghadiahkan 1000 ekor sapi kepada para Brahmana.

E. Kehidupan Sosial-Budaya
            Kehidupan Sosial sudah teratur & rapi di bawah pemerintahan Raja Purnawarman. Ini di ketahui melalui prasasti Ciaruteun.
            Dilihat dari cara penulisan huruf-huruf dari prasasti yang di temukan di ketahui bahwa tingkat kebudayaannya sudah tinggi dan telah berkembangan kebudayaan tulis-menulis.
            Menurut catatan Fa-Hein, bahwa di Tarumanegara ada 3 kelompok penganut yaituL:
*     Agama hindu >>> paling banyak penganutnyabterutama golongab kraton.
*     Agama Budha>>> sedikit penganutnya.
*     Agama koto atau Animisme>>> dynamisme.
*     Di bidang sastra masyarakat telah mengenal Syair.
*     Di bidang seni pahat juga sudah maju di buktikan dengan penemuan arca Wisnu dari Cibuaya yg memperlihatkan kesamaan dengan arca-arca yg di temukan di Semenanjung Melayu, Siam & Kamboja.
*     Di bidang pertanian telah diadakan penggalian saluran yang berfungsi sebagai pencegahan banjir & pengairan.


F. Kemunduran Kerajaan Tarumanegara.
            Penyebab berakhirnya kerajaan Tarumanegara tidak di ketahui dengan pasti. Tapi dari prasasti yang di temukan di Astana (Kawali) di perkirikin lenyapnya Kerajaan Tarumanegara menjelang akhir abad ke-7. lalu di sunda muncul kerajaan kecil seperti: Kuningan, Galuh dan Sunda yang kemungkinan merupakan kelanjutan dari Kerajaan Tarumanegara,hingga berakhir karena terdesak oleh perkembangan agama Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023