Pages

Senin, 20 April 2015

AIRLANGGA RAJA KERAJAAN MEDANG KAMULAN (KAHURIPAN)



Raja Airlangga adalah seorang raja keturunan dari raja Bali, putra dari hasil perkawinan antara Raja Dharma Udayana dengan Mahendrata (adik Raja Dhamarwangsa. Ketika Airlangga berumur 16 tahun dikawinkan dengan anak raja Dhamarwangsa. Pada saat perkawinannya terjadi serangan dari Raja Wura- wuri yang berakibat hancurnya istana raja Dhamarwangsa ( Pralaya).
            Sementara itu Airlangga bisa meloloskan diri yang diikuti oleh pengikutnya yaitu Narottama ketika sudah cukup kuat, datanglah rakyat dari kerajaan  Medang Kemulan meminta kepada Airlangga agar mau dinobatkan menjadi raja. Selanjutnya Airlangga Teguh Ananta Wikrama Tunggadewa.

            Setelah dinobatkan menjadi raja, Airlangga langsung membuat persiapan untuk merebut kembali kerajaannya. Satu persatu musuh dari kerajaannya dapat diatasi. Namun ada satu kerajaan yang paling kuat yang bersal dari wilayah selatan yang dipimpin oleh  Ratu Rangda Indriah, meskipun akhirnya dapat dikalahkan juga ( ditulis dalam kisah cerita Calon Arang). Dengan susah payah akhirnya Raja Airlangga telah berhasil mengembalikan keamanan dan kesejahteraan kerajaannya.
            Merasa sudah tuntas perjuangannya pada tahun 1042 Raja Airlangga mengundurkan diri dari tahta kerajaannya  dan menunjuk  putrinya yang bernama Sanggrama Wijaya Tunggadewi menjadi raja. Tetapi putrinya menolak karena ingin menjadi pertapa yang kemudian dikenal dengan gelar “Ratu Giriputri”. Sehingga tahta akhirnya diserahkan kepada kedua putranya yang terlahir dari istri-istri selir Airlangga.
            Atas bantuan Mpu Baradah (terbang ke angkasa dengan membawa kendi, setelah dilihat wilayah kerajaannya telah sama, ditumpahkanlah kendi tersebut sehingga menjadi sungai yang membelah dua kerajaan tersebut). Dua kerajaan yang telah dibagi itu bernama Kerajaan Jenggala dan Kahuripan sebagai ibu kotanya dan kerajaan Kadiri yang beribu kota di Daha.       Hal tersebut dilakukan oleh Raja Airlangga untuk menghindari perang saudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023