Pages

Kamis, 21 Mei 2015

KERAJAAN GOWA

Sebelumnya di Sulawesi Selatan banyak kerajaan Hindu antara lain : Gowa, Tallao, Bone, Wajo, Soppeng dan Luwu. Berkat adanya dakwah Datuk ri Bandang dan Sulaeman dari Minangkabau tahun 1605 Sultan Alaudin dari Gowa secara resmi masuk Islam dan di ikuti oleh rakyatnya. Kerajaan Gowa dan Tallo akhirnya menguasai kerajaan lainnya. Dua kerajaan
yaitu Gowa dan Tallo lazim disebut kerajaan Makassar dan dari sinilah agama Islam berkembang sampai Kalimantan Timur, NTT dan NTB.
          Tahun 1639-1653 Kerajaan Gowa mencapai puncaknya, karena hampir wilayah Indonesia bagian timur merasakan pengaruh kerajaan Gowa yang diperintah Sultan Malikus Said. Raja berikutnya Sultan Hasanuddin (1654-1660) yang wilayahnya semakin luas dengan menguasai Bone dengan rajanya Ayu Palaka diusir dari negerinya. Belanda mengetahui Bandar Makassar cukup ramai, maka dikirimkanlah utusan dagang ke Makassar.
          Antaranya keduanya sering terjadi konflik yang diawali insiden penipuan tahun 1616 yang saat itu para pembesar Makassar diundang untuk jamuan makan di kapal VOC, ternyata mereka dilucuti senjatanya, sehingga terjadilah perkelaian yang menimbulkan banyak korban dari pihak-pihak Makassar, dan sejak itu dia sangat benci pada Belanda. Dengan siasat Belanda membantu Aru Palaka (Raja Bone) untuk mengalahkan Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023