Pages

Jumat, 05 Februari 2021

SOAL PILIHAN GANDA PENDUDUKAN JEPANG + JAWABANNYA MATERI SI KLS XI /3 (Part 3)

Baiklah saat ini pembaca saya ajak mempelajari Soal-Soal Sejarah Indonesia yang berisikan materi yang diajarkan pada semester ke-3 di SMA klas XI  yaitu materi Pendudukan Jepang. Soal dibuat untuk digunakan Penilaian On line menggunakan aplikasi Exam Viuw, ditulis 3 seri. Berikut  disampaikan contoh soal Sejarah Indonesia pada materi Pendudukan Jepang di Indonesia pada semester ganjil klas XI seri ke-3 nomor soal  31 sampai 40 beserta jawabannya, selamat belajar semoga sukses !!!!! baca juga soal pendudukan Jepang bag 1  Baca juga soal pendudukan Jepang bag 2  

Multiple choice

31.      Berikut ini merupakan upaya-upaya Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia, kecuali

A.    membentuk organisasi MIAI

B.     memperbolehkan menyanyikan lagu Indonesia Raya

C.     menerapkan propaganda melalui gerakan 3A

D.    menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar

E.     memperbolehkan pengibaran bendera merah putih

ANS:A


       Baca juga : Soal UAS Sejarah Peminatan XI/I dan Jawaban Part I


32.      Shusintai, Seinendan, dan Hizbullah adalah beberapa contoh organisasi semi militer yang dibentuk langsung oleh pemerintah militer Jepang. Tujuan Jepang membentuk organisasi semi militer adalah

A.    Mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah air

B.     Untuk mendapatkan tentara terdidik dalam mensukseskan peperangan di dalam negeri

C.     Untuk mendapatkan tentara profesional dalam mensukseskan peperangan di luar negeri

D.    Untuk mendapatkan tentara cadangan dalam mensukseskan peperangan Jepang

E.     Mengakomodasi gerakan kaum nasionalis agar tidak terjadi gerakan bawah tanah

ANS:D

33.      Perlawanan rakyat Indramayu terhadap disebabkan oleh adanya ....

A.    kewajiban menyetorkan sebagian hasil padi yang memberatkan penduduk

B.     perlakuan sewenang-wenang dari tentara Jepang

C.     kewajiban seikerei

D.    pengibaran bendera Hinomaru di balai desa

E.     penculikan paksa para pemudah untuk kebutuhan romusha

ANS:C


34.      Tujuan utama pemerintah pendudukan Jepang membentuk PETA adalah ....

A.    mempersiapkan bangsa Indonesia sebagai bangsa merdeka

B.     mempertahankan Indonesia dari ancaman bangsa barat

C.     memberikan kesempatan rakyat Indonesia membela negara

D.    memberikan pendidikan militer kepada rakyat Indonesia

E.     mendapatkan bantuan dalam menghadapi perang pasifik

ANS:E


35.      Perhatikan informasi berikut!

1.      Jepang mewajibkan rakyat menggunakan bahasa Indonesia

2.      Larangan penggunaan bahasa Belanda sebagai percakapan sehari-hari

3.      Mempermudah komunikasi dengan orang Indonesia untuk propaganda

4.      Bahasa Jepang masih serumpun dengan bahasa Indonesia

5.      Bahasa Indonesia sangat demokratis karena membedakan tingkatan pemakaiannya

Dampak positif dari pendudukan Jepang diantaranya adalah berkembangnya bahasa Indonesia. Faktor-faktor penyebabnya adalah..

  • A.    1, 2, 3
  • B.     1, 3, 5
  • C.     2, 3, 4
  • D.    2, 3, 5
  • E.     3, 4, 5

ANS:A


36.      Pada masa pendudukan Jepang, para pendidik (guru) serta siswa-siswi zaman penjajahan Jepang harus melakukan rutinitas upacara juga melakukan Dai Toa, yaitu sumpah setia pada cita-cita Asia Raya dan wajib melakukan senam Jepang (Taiso) juga harus melakukan latihan fisik kemiliteran. Hal itu menjadi pengaruh dari pendudukan Jepang dalam bidang...

  • A.    Pendidikan
  • B.     Sosial
  • C.     Budaya
  • D.    Ekonomi
  • E.     Politik

ANS:A

37.      Perhatikan data informasi berikut!

1.      Seinendan

2.      Keibodan

3.      fujinkai

4.      Heiho

5.      Jawa hokokai

Manakah yang termasuk ke dalam organisasi semi-militer bentukan pemerintah Jepang di Indonesia...

  • A.    1, 2, dan 3
  • B.     1, 3, dan 4
  • C.     2, 3, dan 4
  • D.    2, 3, dan 5
  • E.     3, 4, dan 5

ANS:A


38.      Secara umum praktik penjajahan khususnya seperti yang dilakukan Jepang dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi masyarakat yang dijajahnya. Namun apa yang dilakukan Jepang saat itu beberapa pengaruhnya dapat diambil bahkan masih dirasakan hingga saat ini diantaranya...

  • A.    Dalam bidang ekonomi yaitu menabung di bank
  • B.     Dalam bidang politik-militer adanya tentara PETA yang anggotanya menjadi embrio TNI
  • C.     Dalam bidang sosial munculnya kelas sosial yang menyebabkan adanya ketimpangan sosial
  • D.    Dalam bidang budaya dimana masyarakat cenderung menyukai Cosplay, Anime dan Games yang identik dengan Jepang
  • E.     Dalam bidang pendidikan adanya dikriminasi bagi rakyat yang memperoleh pendidikan

ANS:B

39.      Kelompok tokoh nasional yang menyambut dengan baik kedatangan Jepang ke Indonesia dilandasi dengan adanya optimisme akan kemerdekaan yang akan diberikan Jepang kepada Indonesia. Lain halnya dengan kelompok nonkooperatif yang perjuangannya dilakukan melalui gerakan bawah tanah. Strategi perjuangan non koperatif gerakan bawah tanah yang dimaksud adalah ….

A.                       A.   Bersifat radikal dan menolak kerjasama dengan penjajah

  • B.     Kegiatan oraganisasi kebangsaan bersifat lunak dan terbuka
  • C.     Kegiatan organisasi dilakukan secara sembunyi-sembunyi
  • D.    Kegiatan organisasi dilakukan secara masif dan ekstrimis
  • E.     Organisasi dengan terang-terangan menggalang persatuaan

ANS:C



40.  Salah satu bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan pendudukan Jepang adalah melalui perjuangan bawah tanah. Umumnya perjuangan bawah tanah dilakukan oleh bangsa Indonesia yang bekerja instansi pemerintah Jepang. Berikut adalah kegiatan yang dilakukan oleh para tokoh gerakan bawah tanah secara sembunyi-sembunyi, kecuali....

  • A.    Menjalin komunikasi untuk memelihara semangat nasionalisme
  • B.     Berusaha menyusun rencana untuk menyerang Jepang secara frontal
  • C.     menyiapkan kekuatan yang diperlukan untuk meyambut kemerdekaan Indonesia
  • D.    Mempropagandakan semangat dan kesiapan untuk merdeka di kalangan rakyat
  • E.     Memantau perkembangan Perang Asia Timur Raya melalui radio luar negeri

ANS:B

Baca juga ; Materi Istilah-Istilah Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023