Baiklah saat ini pembaca saya ajak mempelajari Soal-Soal Sejarah Indonesia yang berisikan materi yang diajarkan pada semester ke-3 di SMA klas XI yaitu materi Pendudukan Jepang. Soal dibuat untuk digunakan Penilaian On line menggunakan aplikasi Exam Viuw, ditulis 3 seri. Berikut disampaikan contoh soal Sejarah Indonesia pada materi Pendudukan Jepang di Indonesia pada semester ganjil klas XI seri ke-3 nomor soal 31 sampai 40 beserta jawabannya, selamat belajar semoga sukses !!!!! baca juga soal pendudukan Jepang bag 1 Baca juga soal pendudukan Jepang bag 2
Multiple choice
31. Berikut ini merupakan upaya-upaya
Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia, kecuali
A. membentuk organisasi MIAI
B.
memperbolehkan menyanyikan lagu Indonesia
Raya
C.
menerapkan propaganda melalui gerakan 3A
D.
menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa
pengantar
E.
memperbolehkan pengibaran bendera merah putih
ANS:A
32. Shusintai, Seinendan, dan Hizbullah
adalah beberapa contoh organisasi semi militer yang dibentuk langsung oleh
pemerintah militer Jepang. Tujuan Jepang membentuk organisasi semi militer
adalah
A.
Mendidik dan melatih pemuda agar dapat
menjaga dan mempertahankan tanah air
B.
Untuk mendapatkan tentara terdidik dalam
mensukseskan peperangan di dalam negeri
C.
Untuk mendapatkan tentara profesional dalam
mensukseskan peperangan di luar negeri
D.
Untuk mendapatkan tentara cadangan dalam
mensukseskan peperangan Jepang
E.
Mengakomodasi gerakan kaum nasionalis agar
tidak terjadi gerakan bawah tanah
ANS:D
33. Perlawanan rakyat Indramayu terhadap disebabkan
oleh adanya ....
A.
kewajiban menyetorkan sebagian hasil padi
yang memberatkan penduduk
B.
perlakuan sewenang-wenang dari tentara Jepang
C.
kewajiban seikerei
D.
pengibaran bendera Hinomaru di balai desa
E. penculikan paksa para pemudah untuk kebutuhan romusha
ANS:C
34. Tujuan utama pemerintah pendudukan
Jepang membentuk PETA adalah ....
A.
mempersiapkan bangsa Indonesia sebagai bangsa
merdeka
B.
mempertahankan Indonesia dari ancaman bangsa
barat
C.
memberikan kesempatan rakyat Indonesia
membela negara
D.
memberikan pendidikan militer kepada rakyat
Indonesia
E.
mendapatkan bantuan dalam menghadapi perang
pasifik
ANS:E
35. Perhatikan informasi berikut!
1.
Jepang mewajibkan rakyat menggunakan bahasa
Indonesia
2.
Larangan penggunaan bahasa Belanda sebagai
percakapan sehari-hari
3.
Mempermudah komunikasi dengan orang Indonesia
untuk propaganda
4.
Bahasa Jepang masih serumpun dengan bahasa
Indonesia
5.
Bahasa Indonesia sangat demokratis karena
membedakan tingkatan pemakaiannya
Dampak positif dari pendudukan Jepang
diantaranya adalah berkembangnya bahasa Indonesia. Faktor-faktor penyebabnya
adalah..
- A.
1, 2, 3
- B.
1, 3, 5
- C.
2, 3, 4
- D.
2, 3, 5
- E.
3, 4, 5
ANS:A
36. Pada masa pendudukan Jepang, para
pendidik (guru) serta siswa-siswi zaman penjajahan Jepang harus melakukan
rutinitas upacara juga melakukan Dai Toa, yaitu sumpah setia pada cita-cita
Asia Raya dan wajib melakukan senam Jepang (Taiso) juga harus melakukan latihan
fisik kemiliteran. Hal itu menjadi pengaruh dari pendudukan Jepang dalam
bidang...
- A.
Pendidikan
- B.
Sosial
- C.
Budaya
- D.
Ekonomi
- E.
Politik
ANS:A
37. Perhatikan data informasi berikut!
1.
Seinendan
2.
Keibodan
3.
fujinkai
4.
Heiho
5.
Jawa hokokai
Manakah yang termasuk ke dalam organisasi
semi-militer bentukan pemerintah Jepang di Indonesia...
- A.
1, 2, dan 3
- B.
1, 3, dan 4
- C.
2, 3, dan 4
- D.
2, 3, dan 5
- E.
3, 4, dan 5
ANS:A
38. Secara umum praktik penjajahan
khususnya seperti yang dilakukan Jepang dapat memberikan dampak positif maupun
negatif bagi masyarakat yang dijajahnya. Namun apa yang dilakukan Jepang saat
itu beberapa pengaruhnya dapat diambil bahkan masih dirasakan hingga saat ini
diantaranya...
- A.
Dalam bidang ekonomi yaitu menabung di bank
- B.
Dalam bidang politik-militer adanya tentara
PETA yang anggotanya menjadi embrio TNI
- C.
Dalam bidang sosial munculnya kelas sosial
yang menyebabkan adanya ketimpangan sosial
- D.
Dalam bidang budaya dimana masyarakat
cenderung menyukai Cosplay, Anime dan Games yang identik dengan Jepang
- E.
Dalam bidang pendidikan adanya dikriminasi
bagi rakyat yang memperoleh pendidikan
ANS:B
39. Kelompok tokoh nasional yang menyambut
dengan baik kedatangan Jepang ke Indonesia dilandasi dengan adanya optimisme
akan kemerdekaan yang akan diberikan Jepang kepada Indonesia. Lain halnya
dengan kelompok nonkooperatif yang perjuangannya dilakukan melalui gerakan
bawah tanah. Strategi perjuangan non koperatif gerakan bawah tanah yang
dimaksud adalah ….
A. A. Bersifat radikal dan menolak kerjasama dengan penjajah
- B. Kegiatan oraganisasi kebangsaan bersifat lunak dan terbuka
- C. Kegiatan organisasi dilakukan secara sembunyi-sembunyi
- D. Kegiatan organisasi dilakukan secara masif dan ekstrimis
- E. Organisasi dengan terang-terangan menggalang persatuaan
ANS:C
40. Salah satu bentuk perjuangan bangsa
Indonesia dalam melawan pendudukan Jepang adalah melalui perjuangan bawah
tanah. Umumnya perjuangan bawah tanah dilakukan oleh bangsa Indonesia yang
bekerja instansi pemerintah Jepang. Berikut adalah kegiatan yang dilakukan oleh
para tokoh gerakan bawah tanah secara sembunyi-sembunyi, kecuali....
- A.
Menjalin komunikasi untuk memelihara semangat
nasionalisme
- B.
Berusaha menyusun rencana untuk menyerang
Jepang secara frontal
- C.
menyiapkan kekuatan yang diperlukan untuk
meyambut kemerdekaan Indonesia
- D.
Mempropagandakan semangat dan kesiapan untuk
merdeka di kalangan rakyat
- E.
Memantau perkembangan Perang Asia Timur Raya
melalui radio luar negeri
ANS:B
Baca juga ; Materi Istilah-Istilah Sejarah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar