Pages

Kamis, 01 April 2021

40 SOAL PILIHAN GANDA BHS INDONESIA MATERI KRITIK +ESSAY + JAWABANNYA (Part I)

 Multiple Choice 

1.      Cermati kutipan esai berikut!

Sadawi , seorang novelis sekaligus feminis kontemporer  Mesir yang radikal danrevolusioner .Beliau menggunakan strategi, kultur, melalui tulisan – tulisan untuk menyuarakan keberpihakannya pada perempuan . Karya beliau sering menimbulkan kontroversial. Karya beliau dianggap mengusik kekuasaan yang berpihak pada laki- laki. Beliau juga sangat kritis terhadap realitas kehidupan masyarakat Mesir.

Masalah yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah Sadawi…

  • a.      Pengarang feminis kontemporer yang terkenal.
  • b.      Penulis yang menyuarakan keberpihakan pada perempuan.
  • c.       Orang yang peka terhadaplingkungan di sekitarnya.
  • d.      Menulis dalam bahasa yang baik danmudah dipahami
  • e.      Pengarang yang menulis kenyataan yangdialami.

ANS: B

Baca juga:  soal pilihan ganda pendudukan Jepang bag 2 dan jawabannya   dan soal pilihan ganda pendudukan jepang dan jawabannya bag 3

2.      1.) Tahun 2008 dicatat sebagai tahun puncak dari sebuah fenomena di dunia sastra Indonesia

.2)Salah satu karya sastra fenomenal yang mampu menggebrak dunia sastra ke layar lebar yaitu Laskar Pelangi.

3) Dalamnovel Laskar Pelangi ada banyak teori , data,dan faktayang dengan tegas membantah semuaisu modernitas .

4) Namun,sebagai bangsa yang berkembang ,kita tidak dapat mengadopsi mentah – mentah segala teori tentang modernitas yang terdapat dalam novel tersebut tanpa mempertimbangkan kebudayaan asli kita.

5) Apabila seperti ini , tentu saja kita akan tetap menjadi bangsa yang mengekor.

Kalimat dalam paragraf di atas yang berupa kritik ditunjukkan pada nomor…

  • a.      1)
  • b.      2)
  • c.       3)
  • d.      4)
  • e.      5)

ANS: D




3.      1). Tahun 2008 dicatat sebagai tahun puncak dari sebuah fenomena di dunia sastra Indonesia.

2)Salah satu karya sastra fenomenal yang mampu menggebrak dunia sastra ke layar lebar yaitu Laskar Pelangi.

3) Dalamnovel Laskar Pelangi ada banyak teori , data,cdan faktayang dengan tegas membantah semua isu modernitas .

4) Namun,sebagai bangsa yang berkembang ,kita tidak dapat mengadopsi mentah – mentah segala teori tentang modernitas yang terdapat dalamnovel tersebut tanpa mempertimbangkan kebudayaan asli kita.

5) Apabila seperti ini , tentu saja kita akan tetap menjadi bangsa yang mengekor.

Masalah pokok yang dibahas dalam kutipan tersebut…

  • a.      Pengaruh modernisasi tertuang dalam novel Laskar Pelangi.
  • b.      Fenomena novel Laskar Pelangi menggebrak dunia sastra.
  • c.       Pengaruh sastra terhadap negara berkembang , sepertiIndonesia.
  • d.      Pertimbangan memasukkan kebudayaan dalam karya sastra.
  • e.      Modernitas dalam novel Laskar Pelangi pantas dijadikanteladan

ANS: E



4.      Dampak arus modernisasi  di Indonesia tidak hanya berdampak pada tatanan ekonomi dan politik.Modernisasi juga telah mengikis sendi – sendi sastra. Kondisi tersebut tampak tampak adanya gagasan mengenal “sastra adiluhung” dalam ranah kesastraan Indonesia.

Pernyataan mengenai sastra adiluhung tidaklah sepopuler istilah sastra sufi dan sastra profetik .

Selama ini pandangan terhadap sastra adi luhung lebih dititik beratkan perhatiannya eksistensi karya sastra yang mampu bertahan  terhadap zaman. Keberadaan sastra adiluhung tersebut sampai  sekarang masih dikenal oleh masyarakat, seperti Mahabarata ,Ramayana, Serat Wedhatama , dan Centhini di Indonesia . Apabila dipandang secara eksistensi dan kandungan moralitasnya banyak karya sastra Indonesia yang lebih hebat daripada Mahabarata , Ramayana, Serat Wedhatama , dan Centini.

Pernyataan sesuai dengan kutipan esai tersebut adalah…

  • a.      Karya sastra zaman dahulu sarat nilai moral
  • b.      Arus modernisasimengikis sendi- sendi sastra.
  • c.       Sastra adiluhung mampu bertahan bertahun – tahun.
  • d.      Globalisasimempengaruhi penulisan karya sastra.
  • e.      Mahabarata satu- satunya karya sastra adiluhung.

ANS: B

 

5.       Dampak arus modernisasi  di Indonesia tidak hanya berdampak pada tatanan ekonomi dan politik.Modernisasi juga telah mengikis sendi – sendi sastra. Kondisi tersebut tampak tampak adanya gagasan mengenal “sastra adiluhung” dalam ranah kesastraan Indonesia.

Pernyataan mengenai sastra adiluhung tidaklah sepopuler istilah sastra sufi dan sastra profetik .

Selama ini pandangan terhadapsastra adiluhung lebih dititikberatkan perhatiannya eksistensi karya sastra yang mampu bertahan  terhadap zaman. Keberadaan sastra adiluhung tersebut sampai  sekarang masih dikenal oleh masyarakat, seperti Mahabarata ,Ramayana, Serat Wedhatama , dan Centhini di Indonesia . Apabila dipandang secara eksistensi dan kandungan moralitasnya banyak karya sastra Indonesia yang lebih hebat daripada Mahabarata , Ramayana, SeratWedhatama , dan Centini.

Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi kutipan esai tersebut adalah…

  • a.      Karya sastra adiluhung dilahirkan oleh sastrawan yang berpengalaman dan berwawasan luas
  • b.      Sastrawanharus lebih memperhatikan keberadaan karya sastra yang adiluhung agar tidak terkikis zaman.
  • c.       Sastrawan yang berpengalaman dan berkualitas mampu menyelamatkan karya sastra yang adiluhung dariarus modernisasi.
  • d.      Arus modernisasi telah mengikis sastra adiluhung seperti Mahabarata , Ramayana, Serat Wedhatama, dan Centhini.
  • e.      Sastra adiluhung seperti Mahabarata, Ramayana, Centhini memiliki isi yang berkualitas.

ANS: C

  

6.       Selalu ada rintihan , kesunyian yang jumud , dan musim yang buruk.Sebuah kampungselalu tak bias memilih untuk memilikicerita yang baru ,cerita yang lain .

Waktu seolah hanya berjalan berjalan berjingkat dari semak, merambat dari tepian yang panjang,takber kesudahan . Bahkan , waktu tampak lebih banyak berdiamdi akar – akar kelapa .

Seperti seorang renta yang menunggu ,entah telah berapa lama . Berdiam untuk waktu yang tak dapat dapat diduga ujungnya , adalah kematian.Jika banyak orang kota ingin kembalike kampong,itu hanya sejenak. Mudiksaat lebaran , ziarah saat ada kematian ,menjenguk keluarga dekat yang sakit , atau karena sesuatu urusan yang sangat penting. Sebuah romantisme yang terkadang bangkit hanya untuk berlari dari sebuah kejenuhan, atau sebuah formalitas terkadang merasa berdosa jika diingkari dan dijauhi.

Kalimat kritik yang sesuai kutipan tersebut adalah…

  • a.      Cerpen sulit dipahami karena menggunakan kosa kata yang sulit dan mementingkan keindahan.
  • b.      Cerpen tersebut merupakan cerpen bertema protessosial
  • c.       Cerita dalamcerpen itu kurang menarik karena jalan ceritanya tidakjelas.
  • d.      Penyajian masalah dalam cerita tidak ditampilkan secara jelas.
  • e.      Tokoh dalamcerita tidak digambarkan secara konkrit.

ANS: E

 

7.      Begitu banyah hal terjadi di masa SMA . Setiap suka dan duka memberikan warna tersendiri . bagi saya,ada tiga pelajaran yang jauh lebih berharga dari rumus – rumus njlimet Matematika,grammar bahasa Inggris , dan ilmu Sastra Bahasa Indonesia ,yaitu pelajaran menjadi diri sendiri , menghargai persahabatan , dan memaknai hidup.

Kutipan paragraph tersebut merupakan bagian esaikarena…

  • a.      Ditujukan untuk masyarakat umum
  • b.      Menggunakan fakta –fakta yang akurat
  • c.       Mengungkapkan pendapat pribadidan bersifat ilmiah
  • d.      Menggunakan bahasa yang bebas dan baku
  • e.      Menyatakan pengalaman pribadi yang bersifat Subyektif

ANS: E

 

8.      Begitu banyah hal terjadi di masa SMA . Setiap suka dan duka memberikan warna tersendiri . bagi saya,ada tiga pelajaran yang jauh lebih berharga dari rumus – rumus njlimet Matematika,grammar bahasa Inggris , dan ilmu Sastra Bahasa Indonesia ,yaitu pelajaran menjadi diri sendiri , menghargai persahabatan , dan memaknai hidup

Maksud utama penulis dalam paragraftersebut adalah…

  • a.      Banyak hal yang terjadi di masa SMA
  • b.      Di SMA banyak suka dukanya
  • c.       Suka dan duka memberikan warna tersendiri
  • d.      Ada tiga pelajaran yang jauh lebih berharga
  • e.      Pelajaran menjadi diri sendiri , menghargai persahabatan , dan memaknai hidup sangatlah berharga.

ANS: E

 

9.      Suatu hal yang sangat terasa dari puisi- puisi adalah lemahnya imajinasi.Hampir –hampir tak ada imajinasi di situ.Mereka hanya menuangkan perasaan tanpa mengolahnya dengan ketajaman dan kejernihan imajinasi.Padahal,aspek imajinasi inilah justru yang penting dalam puisi ,disamping daya ucap yang segar.

Penulisan kritik di atas membicarakan masalah…

  • a.      Penggunaan bahasa yang tidak tajam
  • b.      Kelemahan imajinasi
  • c.       Imajinasi yang penting
  • d.      Perasaan tanpa imajinasi
  • e.      Imajinasi yang kering

ANS: B

 

10.  Menurut saya ,Umar Kayam terkenal sebagai pencerita yang sadar penuh dengan apa yang diceritakan.Bahkan sebuah sumber menulis,baik secara lisan maupun tulisan ,kisah yang mengalir dari diri Umar Kayam mampu membuat pembaca atau pendengar baik ilmuwan , para seniman ( pemuladan mapan) , birokrat , aktivis ,politisi seperti tersihir…

Kutipan esai di atas menunjukkan bahwa esai adalalah…

  • a.      Mementingkan sikapdan pandangan penulis
  • b.      Berisi fakta – fakta
  • c.       Mementingkan kedekatan dengan emoi pembaca
  • d.      Mementingkan proses analisis
  • e.      Mementingkan aspek bahasa yang informative.

ANS: E

 

11.  Saya menolak atau lebih tepatnya tidak menerima penuh bahwa puisi mesti padat ,harus sedikit kata –kata.Daripada memenuhi syarat padat dan minimum kata tapi takindah serta gagap komunikasi . Saya memilih puisi banyak kata tapi cantik, menyentuh , laju menghilir , dan komunikatif. Puisisaya wajib musical.Kata – kata harus sedap didengar .Tentu saja kata – kata itu mengalami ketatnya seleksi.

Kutipan esai di atas termasuk jenis…

  • a.      Reflektif
  • b.      Argumentative
  • c.       Pandangan terhadap sastra
  • d.      Proses
  • e.      Sejarah

ANS: B

 

12.  Kawan – kawan kita dari SMA Sambas merekam peristiwa berdarah itu dengan sedih dan prihatin. Dalampuisi “ Pukul Tiga Sore di Tanah Sambas “ .Wahyuni melukiskan sebagai perjuangan di medan perang :Dua pihak yang bertikai dalam peristiwa tersebut sama – samamerasa berjuang untuk sesuatu yang mereka anggapluhur. Tetapi , bisakah sesuatu yang luhur dicapai dengan cara membunuh sesame? Wahyuni mengakhiri puisinya yang ditimbulkan olehperistiwa itu , yang oleh Wahyuni disebut korban kebejatan merajalela.Dengan demikian puisi naratif ini jelas bernada mengecamtragedi Sambas.

Penggalan kritik di atas berisi…

  • a.      Pengalih bahasaan suatu teks ke dalam bahasa yang mudah dicerna
  • b.      Interpretasi terhadap teks yang sulit dimengerti
  • c.       Analisis dengan cara menguraikan bagian –bagian atau unsure – unsure teks.
  • d.      Gambaran umum isi teks atau tema karya.
  • e.      Gambaran berkaitan dengan hal – hal di luar teks.

ANS: A

 

13.  Berikut ini merupakan bagian kritik yang berisi komentar terhadap teknik pemilihan tema ,yaitu…

  • a.    Wilis tampak berusaha mempertimbangkan daya ungkapnya untuk memperhitungkan    rimaatau aspek bunyi,namun tidak bisamenggerakkannya.
  • b.      Tak adaimajinasi disitu,sehingga kita tidak mendapatkan sesuatu yang baru.
  • c.       Seandainya dia menulis tentang sesuatu yang jarang atau tak pernah terpikirkan olehorang dengan kemampuan memperhitungkan rima tampaknya Wilis akan menghasilkan sajak yang relative bagus.
  • d.      Rima itu tidak menggetarkanselera estetis kita, apalagi menggerakkannya.
  • e.      Wilis Wiji Wilujeng menulis sesuatu yang amat lazim tentang kumbang dan kembang ,sehingga kenyataan di situ berhenti sebagaikenyataan.

ANS: C

14.  Kegiatan pentas seni sebagai kegiatan positif harusterus dikembangkan di sekolah – sekolah .Hal ini karena kegiatan pentas seni menunjang para siswa untuk berkreasi. Terbukti , kegiatan ini menuntut kreativitas,karya dan kerjasama yang positif darisiswa yang terlibat. Di samping itu akan membuka kesempatan kepada siswa untuk membuktikan kemampuannya mengatur berbagai prosedur pelaksanaan sebuah kegiatan besar.

Pernyataan yang tepat untuk teks di atas adalah…

  • a.      Mengapa kegiatan pentasseni harus dikembangkan di sekolah –sekolah?
  • b.      Mengapa kegiatan pentas seniharus dikembangkan?
  • c.       Apa buktikegiatan seni menuntut kreatifitas ?
  • d.      Siapa yang bertanggung jawabdenan kegiatan pentas seni ?
  • e.      Kapanpentas seni di sekolah dilaksanakan ?

ANS: A

 

15.  Keberadaan PKL , cukupmemusingkan Pemda Kota Malang , dan rupanya belum ada kebijakan dan konsepyang pas dalammenanganinya . Bahkan yang bermain “ kucing – kucingan” baik para PKL nya maupun aparatnya. Menurut penelitian Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan Universitas Muhamadiyah Malang yang bekerjasama dengan Pemda / Bappeda Kota Malang , sebanyak44,7% PKL meminta izin pada perorangan /kelompokaparatt 42,1% izin resmi dari pemerintah daerah.

Masalah yang disoroti dalam paragraph tersebut adalah…

  • a.      PKL semakin marak mengais rezeki di pinggir – pinggir jalan Kota Malang.
  • b.      PKL yang membludak mengakibatkan semrawutnya lalu lintas di sekitarnya.
  • c.       Keberadaan PKL yang cukupmembantu Pemda Malang.
  • d.      Penelitian PKL olehPemda Malang dan Universitas Muhamadiyah Malang.
  • e.      Keberadaan PKL ,Kota Malang belum semua memiliki izin resmi.

ANS: E

 

16.  Buku ini merupakan kumpulan 67 kisah pendek yang mengungkap refleksi kehidupansosialpolitikIndonesia, tentang penyadaran makna nilai –nilaikeutamaan budi,kearifan dan kebajikan dalamlingkaran kekuasaan yang banyak menyimpan konflik. Secara keseluruhan bukuini banyak dinikmati pembaca karena banyak mengangkat hal yang berkenaan dengan sosokmasyarakat kecilyang dapat dilihat nyata dalam kehidupan yang sesungguhnya . Dengan demikian kisah yang diungkapkan serasa hadir di tengah – tengah pembaca , hidup dan dapat dirasakan.

Pernyataan yang merujuk pada keunggulan buku dalam kutipan tersebut adalah…

  • a.      Peristiwa dalam cerita mengungkap refleksi kehidupan sosial politik Indonesia.
  • b.      Cerita ini mengungkap penyadaran makna nilai – nilai kehidupan.
  • c.       Penyajiancerita serasa hidup dan dapat dirasakan sebagai kehidupannyata.
  • d.      Pengarang mengungkap kunci – kunci analisis dalam filsafat.
  • e.      Buku tersebut mengungkap peran metodologi yang dipakai dalam bagian buku.

ANS: C

 

17.  Baca dengan cermat kutipan berikut!

Setelah aku dibaringkan di ruang tengah , aku tambah kaget dengan beberapa orang yang membungkus tubuhku dengan kain putih yang panjang. Tak cukupsampai disitu, mereka juga memasukkan kedalam benda aneh mirip rumah kecil. Laluakudibawa ke sebuah tempat di mana dulu semasih kecil aku selalu sholat berjamaah dengan Ayah. Selesai prosesi itu aku diarak mereka menuju pinggir kampong di desaku. Di situ aku ditatap ,disambut , dan disalami orang – orang aneh yang seolah sejak tadimenungguku. Di antara mereka ada yang berseri – seri, meski sebagian besar terlihat murung dan kebingungan.(Konser Kematian , Moh. Wan Anwar ).

Kalimat esai yang tepat untuk kutipan tersebut adalah…

  • a. Kutipan cerpen karya Moh. Wan Anwar temanya cukup menarik karena menceritakan kehidupanorang –orang yang sedang menjalani prosesi pemakaman.
  • b.  Terasa jelas Wan Anwar ingin mengungkapkan prosesi sebuah kematian yang biasa dijumpai . Namun ,pada beberapa orang / golongan jalannya prosesi berbeda.
  • c.  Tema yang dibahas dalam cerpen itu sangat universalkarena menyangkut kematian yang akan dialami olehsetiap pembaca.
  • d.  Cerpen Konser Kematian lebih menarik jika disertai dialog antararwah , bukan sekedar narasi penulisnya.
  • e.   Tema kematian cukupmenarik dibahas , tetapi menjadi tidak menarik karena diceritakan secara monoton padahal pembaca tertarik dengan isi ceritanya.

ANS: A

 

18.  Saya merasa sangat beruntung mendengar seorang penyair berkata terus terang , tidak dengan nada arogan , tidak dengan keinginan untuk menghina yang tak sepaham dengan dia, bahwa puisi baginya bukan kata – kata angker yang memerlukan penafsiran.

Kutipan esai di atas menunjukkan esai adalah…

  • a.      Mementingkan sikap dan pandangan penulis.
  • b.      Berisi fakta – fakta.
  • c.       Mementingkan kedekatan dengan emosi pembaca.
  • d.      Mementingkanproses analisis.
  • e.      Mementingkan aspek bahasa yang informative.

ANS: E




19.   W.S Rendra adalah seorang penyair yang sulit menandinginya, menjamin berlangsungnya pemilihan kata secara sadar. Rendra juga seorang penulis naskah drama , dan inimenjamin terdapatnya susunan dialog yang efektif , sementara keberadaannya sebagai actor jelas menyumbang banyak pada kewajaran perilaku tokoh – tokohnya . Namun , Rendra adalah seorang esais , seorang pemikir kebudayaan dengan kumpulan esai.Mempertimbangkan Tradisi( 1983 ), yang menjamin sikap kritisnya terhadap sesuatu yang sudah diterima begitu saja sebagai wacana dominan. ( Rendra  ,oleh Seno Gumira Ajidarmo ).

Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan teks tersebut adalah…

  • a.   Rendra melalui kumpulan esai yang diterbitkan pada tahun 1983 , membuktikan eksistensinya sebagai esais sekaligus penyair.
  • b.  Sosok Rendra menjamin semua karya sastra yang dihasilkannya sejakpertama kali ia berkarya sangat bagus.
  • c.    Sikap kritis Rendra tidak mencerminkan kewajaran dalam tokoh yang diciptakansetiap karya yang disajikan.
  • d.  Rendra seorang penyair yang kritis dalammengkritik , menulis naskah drama , actor sekaligus esais yang sulit ditandingi.
  • e.  Rendra adalah penyair yang sangat terkenal dan dikagumi oleh kaum sastrawan karena keunikankaryanya.

ANS: D

 

20.  Bacalah kutipan esai berikut ini!

Sejumlah pola kekuasaan ditampilkan dalam Bumi  Manusia . Selain kekuasaan colonial ( rasial ) orang kulit putih atas orang jawa , juga terdapat kekuasaan patriarchal atas kaum perempuan dan kekuasaan orang tua atas anak –anaknya.

Contoh terdapat kekuasaan patriarchal atas kaum perempuan dan kekuasaan orangtua atas anak- anaknya terlihat padasaat Sanikem baru empat belas tahun , ia dijual olehayahnya kepada atasan sang ayah. Herman Mellema , menejer sebuah pabrik pengolahan gula. Sebagai gantinya anak perempuannya itu , dia menerima dua puluh lima golden dan dijanjikan kenaikan pangkat menjadi kasir. Sanikem tidak punya pilihanlain selain menurutikemauan ayahnya , seorang anakharus menerima pilihan jodoh orang tuanya meski tanpa pernikahan yang sah. Ibu dari Sanikem menentang transaksi ini , namun ia harus menyerah pada keputusan suaminya. ( Bumi Manusia , Pramudya Ananta Toer ).

Kalimat kesimpulan esai tersebut adalah…

  • a.      Sejumlahpola kekuasaan ditampilkan dalam Bumi Manusia.
  • b.      Kekuasaan colonial (rasial ) orang kulit putih atas orang Jawa.
  • c.       Kekuasaan patriarchal ataskaum perempuan yangbesar.
  • d.      Kekuasaan yangditunjukkan orangtua atas anak – anaknya.
  • e.      Sejumlahpenderitaan bangsa yangterjajah telahterjadi.

ANS: D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023