Pages

Kamis, 01 April 2021

40 SOAL PILIHAN GANDA BHS INDONESIA MATERI KRITIK + ESSAY + JAWABANNYA (Part II)

 1.      Sejumlah pola kekuasaan ditampilkan dalam Bumi  Manusia . Selain kekuasaan colonial ( rasial ) orang kulit putih atas orang jawa , juga terdapat kekuasaan patriarchal atas kaum perempuan dan kekuasaan orang tua atas anak –anaknya.

Contoh terdapat kekuasaan patriarchal atas kaum perempuan dan kekuasaan orangtua atas anak- anaknya terlihat padasaat Sanikem baru empatbelastahun , ia dijual olehayahnya kepada atasan sangayah. Herman Mellema , menejer sebuah pabrik pengolahan gula. Sebagai gantinya anak perempuannya itu , dia menerima dua puluh lima golden dan dijanjikan kenaikan pangkat menjadi kasir. Sanikem tidak punya pilihan lain selain menurutikemauan ayahnya , seorang anakharus menerima pilihan jodoh orang tuanya meski tanpa pernikahan yang sah. Ibu dariSanikem menentang transaksiini , namun ia harus menyerah pada keputusan suaminya. ( Bumi Manusia , Pramudya Anta Toer ).   

Ide pokok paragraph tersebut adalah…

  • a.      Sejumlah pola kekuasaan ditampilkan dalam Bumi Manusia
  • b.      Kekuasaan patriarchal ataskaumperempuan
  • c.       Keputusan suami atassegala – galanya.
  • d.      Seoranganak harus mengikuti orangtua.
  • e.      Sang Ayah untuk mendapatkan kedudukanharusmenjual anaknya.

ANS: A


2.      Apa yang diharapkan warga dari  sebuah system pendidikan ? Bagi orang awam sekalipun pasti tahu bahwa yang dibutuhkan adalah setidaknya kurikulum yang baik, pengajar yang enak ,fasilitas memadai , dan biaya murah ,jika bias. Lalu selebihnya mungkin adalah lingkungan yang kondusif , daya saing yang tinggi , serta segala aspeklain yang ada d luar ruang sekolah.

Masalah yang disoroti dalam paragraf tersebut…

  • a.      System pendidikan yang baik.
  • b.      Biaya pendidikan yang mahal.
  • c.       Mutu pendidikan yang merosot
  • d.      Fungsi pendidikan di masyarakat.
  • e.      Masalah pendidikan di Indonesia.

ANS: A


Baca juga:  soal pilihan ganda pendudukan Jepang bag 2 dan jawabannya   dan soal pilihan ganda pendudukan jepang dan jawabannya bag 3


 

3.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Aku  masuk ke dalam kantor dan bersalaman dengan seorang lelaki yang tersenyum – senyum yang bernama Pak Bloccher . Pakaiannya lebih rapi ketimbang pakaianku. Selanjutnya , ia membuka – buka tumpukan kertas , seperti menata kere serambi.

“ saya  yakin Anda akan puas dengan perjodohan ini , katanya,” Diatelah kami pilih sesuai dengan persyaratan computer. Tidak ada yang melebihi dari seratus sepuluh wanita yang memenuhi syarat di AmerikaSerikat . Kami memilih berdasarkan suku,agama, etnik,dan latar belakang regional.

Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah…

  • a.   Novel ini isinya berbobot karena mengungkapkan sesuatu yang tidak lazim dalam masyarakat Indonesia yang pantas kita tirusebagai bahan perbandingan.
  • b.   Budaya Barat yang sifatnya modern sebaiknya perlu kita contoh karena hal ini dapat menambah wawasan masyarakat Indonesia.
  • c.    Dialog para pelaku kurang jelas sehingga isi cerita susah dipahami oleh pembaca yang akhirnya tidak tertarik untuk membaca cerita selanjutnya.
  • d.      Isi cerita tergolong unik karena mengungkapkan perjodohan melalui biro jodoh.
  • e.  Bahasa yang digunakan tidak wajar dan tidakmemenuhi sasaran karena terkesan melebih – lebihkan suatu perjodohan yang seharusnya tidak menjadi bahan publikasi.

ANS: D

 

4.      Semua ini termasuk syarat – syarat kritik sastra ,kecuali…

  • a.      Kritikan diupayakan dapat membangun dan menaikkan taraf kehidupan sastra.
  • b.      Kritikan harus bersifat obyektif tanpa prasangka dan secara jujur dapat mengatakan yang baik itu baik yang kurang itu kurang.
  • c.   Kritikan harus disesuaikan lingkup kebudayaan dan tata nilaiyang berlaku, serta memiliki rasa cinta dan tanggung jawab yang mendalam terhadap pembinaan kebudayaan dan tata nilai yang benar.
  • d.    Kritikan harus bias memperbaiki cara berfikir positif , cara hidup, cara bekerja sastrawan sebab mempengaruhi hasil karyanya.
  • e.      Kritikan seenak kemauan kita , bila tidak sesuai kita ungkapkan menurut selera kita

ANS: E


5.      Semua ini termasuk ciri – ciri esai , kecuali…

  • a.  Berbentuk prosa, artinya dalam bentuk komunikasi biasa serta menghindarkan penggunakan bahasa dan ungkapan figurative.
  • b.      Singkat , esai dapat dibaca secara santai dalam waktu kurang dari dua jam.
  • c.       Karya utuh , prosa yang menjelaskan secara keseluruhan yang disertai pendapat kita.
  • d.      Mempunyai nada pribadi/ personal
  • e.      Selalutidakutuh,penulis memilihsegi – segi yang penting dan menarik dari objek dan subjek yang hendak ditulis.

ANS: C

 

6.      Tahap dalam penuliasn esai yang memaparkan data apa adanya , misalnya mengklasifikasikan data sebuah cerpen atau novel berdasarkanurutan cerita ,mendiskripsikan nama- nama dan tokoh – tokoh bawahan yang menjadi cirri fisik maupunpsikis, mendata latar fiktif ruang dan waktu atau latar sosial tokoh – tokohnya, dan mendiskripsikan alur bab atau setiap episode.

Tahapan esai tersebut termasuk tahapan…

  • a.      Tahap Penapsiran.
  • b.      Tahap Diskripsi
  • c.       Tahap Analisis.
  • d.      TahapEvaluasi.
  • e.      Tahap Argumen

ANS: B

 

7.      Sebelum menyusun esai anda harus menyusun kerangka paragraph.Langkah –Langkah menyusun esai  seperti berikut… lengkapi  langkah berikut…

  1.       .    Menentukan judul
  2.   .      Menentukan topic permasalahan yang akan dibicarakan dalam tulisan.
  3.   .      Menentukan tujuan penulis.

4.     

5.      Membuat kerangka paragraph.

Langkah –langkah yang kosong bias diisi…

  • a.      Menentukan judul
  • b.      Membuat paragraph
  • c.       Membuat paragraph pengembang.
  • d.      Menentukanjenis esai yang akan ditulis.
  • e.      Menentukan penutup.

ANS: D

 

8.      Ada beberapa jenis kritik  , kritik yang menganalisis  dengan cara menghubungkan karya sastra dengan penulis , pembaca , atau masyarakat . Di samping itu ,melibatkan factor ekstrinsik lain , seperti sejarah , psikologis, religious dan pendidikan.

Jenis kritikan tersebut …

  • a.      Kritiksastra instrinsik
  • b.      Kritiksastra induktif
  • c.       Kritik sastra ekstrinsik.
  • d.      Kritik penghakiman
  • e.      Kritik teknis

ANS: C

 

9.       Perhatikan paragrafberikut !

Data dari Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia ( AKSI )Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 menunjukkan 46,83%pelajar  kelas IV SD di Kalimantan Utara , kurang mampu membaca. Handoko  Widagdo Manajer Provinsi INOVASI Kalimantan Utara mengatakan bahwa angkatersebut berbanding terbalik dengan hasil SurveiInovasi Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia ( SIPPI ) tahun 2017. Hasil survey tersebut menunjukkan minat baca siswa kelas awaldi Kabupaten  Bulungan dan Malinau telah mencapai 85% . Menurutnya,hasil tersebut disebabkan minimnya ketersediaan buku nonteks pembelajaran yang ada disekolah .

Dari 4.055 buku yang ada di perpustakaan sekolah hanya 393 judul yang sesuai dengan kelas awal.

Kalimat tanggapan yang tepat berdasarkan paragraph tersebut adalah…

  • a.  AKSI dan SIPPI harus menyamakan data tentang kemampuan membaca siswa di Provinsi Kalimantan Utara.
  • b. AKSI harus meningkatkan minat baca siswa SD di Provinsi Kalimantan Utara dengan menyediakan buku – buku bacaan.
  • c.    Pihak terkait harus menyediakan buku- buku nonteks untukmeningkatkan kemampuan membaca anak SD.
  • d.    Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara harusmenyediakan perpustakaan yang memadai agar siswa Sd tertarik pergi ke perpustakaan.
  • e. Pihak terkait harus menambah jumlah buku yang dikhususkan untuk kelas tinggi agar meningkatkan kemampuan membaca siswa.

ANS: C

 

10.  Perhatikan puisi berikut!

1.      Jaring – Jaring

2.      Kali ini

3.      nelayan menebar jarring di laut

4.      menangkap ikan

5.      kali ini

6.      Tuhanmenebar jarring maut

7.      menangkapinsan

8.      Karya         : Piek Ardijanto Soeprijadi

9.      Dikutipdari : Piek Ardijanto Soeprijadi , Biarkan Angin itu, Jakarta , Grasindo,1996.

Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut adalah…

  • a.      PiekArdijanto Soeprijadi sengaja menciptakan puisi pendekagar mudah dipahami pembaca
  • b.   penyair terlalu memperhatikan jumlah kata dalampuisinya sehingga ia kurang memperhatikan diksi.
  • c.     Dalam puisi tersebut , Piek Ardijanto Soeprijadi berpesan agar manusia sewaktu – waktu siap jika dipanggil Tuhan.
  • d. Meskipun pendek , puisi Piek ArdijantoSoeprijadi mengandung makna yang sangat dalammengenai hubungan antara Tuhan dengan manusia.
  • e.      Pengarang membungkus kata – kata dalam puisi menggunakan majas yang mudah dipahami oleh pembaca.

ANS: D

 

11.  Perhatikan penggalan esai berikut !

Kalimat – kalimat sastrawi dalam novel Lemah Tanjung dapat menjadi “dokumen sosial” dalammenuliskan perjuangan agrarian dalam bentukkarya sastra.Novel ini mampu memunculkan gejolak batin para pejuang agrarian dalamusaha pelestarian alam. Seperti karya – karyanya yang lain, cerita ini berangkat darihal –hal yangnyata dan terjadi.Lemah Tanjung adalah sebuah hutan kota yang kini sudah menjadi perumahan .

Sebagai sebuah dokumen sosial, novel ini dapat mewariskan semangat perjuangan aktivis lingkungan pada masanya pada generasi sekarang.

Dikutip dari : http/ basabasi.co/sastra-hijaudan-perjuangan-agraria-membaca-lemah-tan

jung-ratna-indraswari-ibrahim/,10november2018.

Kalimat kesimpulan yang tepat untuk mengakhiri esai tersebut adalah…

  • a.      Dengan berbagai cara para aktivis lingkungan ini brtjuanguntuk bumi mereka.Mereka mengambil jalur hokum lewat pengadilan untuk meninjau kembali legalitas perizinan pembangunan perumahan di area hutan tersebut.
  • b.   Alam dan lingkungan hidupmengalami beberapa problematika dalam beberapa decade terakhir. Geliat pembangunan dan industrialisasiterus mengancam kelestarian alam. Manusia terlampau jauh “ memanfaatkan” apa yang telah disediakan alam.
  • c. Bumi masihterancam dari kerusakan dan membutuhkan pejuang – pejuang baru untuk mempertahankan kelestarian alam.Generasimudadapat belajar dari novel Lemah Tanjung untuk mewujudkan reformasi agrarian dan menjaga bumi inidari kerusakan.
  • d.      Ketika eksploitasi alam berlangsung, timbul usaha untuk mempertahankankelestarian alam , oleh karena itu , orang yang mengeruk keuntungan dari alamakan berhadapan dengan aktivis pedulilingkungan . Akibatnya ,timbullah benturan dan konflik agrarian.
  • e.   Bumi terancam kehancuran yang luar biasa . Dibutuhkan kerja sama dari banyak bidang untuk menyelamatkannya, termasuk sastra. Melalui karya sastra , ancaman kelestarian dapat mengetuk hati penikmat sastra untuk berbuat sesuatu.

ANS: C


 

 

12.  Mie instan kerap disebut makanan tidak sehat karena kandungan karbohidrat dan lemakyang tinggi, tetapi rendah protein, serat , vitamin, dan mineral . Selain itu , mie instan mengandung garam atau sodiumyang tinggi. Kandungan MSG atau monosodium glitamat pada bumbu mie instan memiliki risiko kesehatan. MSG memicu reaksi alergi dengan gejala rasa sakit pada dada, berkeringat , jantung berdebar, dan sakit kepala. Mie instan juga diduga meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit seperti, diabetes, strok, dan penyakit jantung.

Dikutip dari : http/ hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/kebanyakan-makan-mie-ins

tan/,11November 2018.

Tanggapan yang logis terhadap isi paragraph tersebut adalah…

  • a.     Prosesmemasak mie instan yang cukup sederhanadan mudah membuat banyak orang menjadikan mie instan sebagai makanan alternative mereka.
  • b.   Konsumsi mie instan harus dibatasi karena mengandung nutrisi tidak seimbang dan bahan – bahan pelengkap yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • c.     Mie instan yangdisajikan menggunakan styofom harus dihindari karena menandung bahan kimia bisphenol A ( BPA ) yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
  • d.      Kandungan nutrisi kurang lengkap dalam mie instan dapat diseimbangkan dengan menambahkan sayuran ketika mengolahnya sehingga tetap baik untuk kesehatan.
  • e.  Konsumsi mie instan dalam jumlah banyaktidak menjadi masalah asalkan diimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya dan olahraga teratur.

ANS: B

 

13.  Bacalah paragraph berikut!

Tumpukan sampah menggunungdi Pintu Air Manggarai , Menteng , Jakarta Pusat .akibatnya aliran air tidak berjalan normal . Sampah – sampah yangterbawa arus akibat hujan yang terjadi di Bogor , Jawa Barat , dalam tiga hari terakhir ini menjadi penyebab utama terjadinya penumpukan sampah. Tidak hanya sampah rumah tangga , sampah plastic hingga kayu dengan jumlah yang cukup besar menutupi seluruh rongga saluran pintu air ,sehingga arusair tersendat. Petugas Unit Pengelola ( UPK ) Badan Air yang diterjunkan ke lokasi harus bekerja keras untuk mengangkut sampah.

Dikutip dari : https://www.liputan6.com/new/read/3672293/bogor-diguyur-hujan-deras-sampah-menggunung=di=pintu-air--manggarai,7 November 2018.

Tanggapanyang sesuai dengan isi paragraph tersebut adalah…

  • a.    Unit Pengelola Badan Air perlumemperlebar Pintu Air Manggarai agar aliran air tidak terhambat sampah.
  • b.  Unit Petugas Pengelola Badan Air di Pintu Air Manggarai perlu ditambah agar sampah bias diangkut lebih banyak.
  • c.  Unit Petugas Pengelola Badan Air di Pintu Air Manggaraiperlu memasang papan larangan membuang sampah.
  • d.  Unit Pengelola Badan Air perlu mewaspadai hujanyang terjadi agar tidak terjadi penumpukan sampah.
  • e.    Unit Pengelola Badan Air perlu menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran air.

ANS: E

 

14.  Perhatikan kutipan cerpen berikut!

“ Semua ini karena kau terlambat bangun pagi “ kata Wina.Ia mendesah panjang dan mengundurkanperlahan – lahan punggungnya pada bantalan kursi.

“ Siapa yang tahu kalau akan hujan?” kataku membela diri. Aku dapat mencium bau nafasmu yang tak sedap. Selepas bangun pagi , akuhanya mencuci muka, berganti baju,membawa tas dan ransel yang sudah penuh dengan barang – barang ke kios. Semua kulakukan terburu – buru karena takut terlambat. Tetapi, pagi , itu jam sepuluh , Wina sudah membuka kios dan sidah menggeser kursi yang biasa ia duduki saat menunggu pelanggan ke depan pintu geser.

“ Bukan masalah hujannya,Nak,” katanya,”kita mungkin bias sampai ke terminallebih cepatdan tidak harus menungguhujan reda “.

Aku melihat ke luar . Hujan semakinlebat . Rinai hujan itu seperti membentuk selimut tebal yang sukar ditembus. Aku tidak dapat melihat tokoh di seberang kios  kami. Barangkali , hujan iniakan berlangsung terus sampai sore.

“ Maaf Nyonya…”

“ Jangan panggilaku Nyonya “ bentaknya. Iamenoleh padaku. Aku melihat siratan kemarahan dalam sorot matanya yang tajam. Aku memperhatikan matanya yang sembab dan merah . Ia terlihat sepertiorang yang habis menangis atau kurang tidur.

Dikutip dari : Iin Ferliani”Petang di Taman “ dalamPadang Ekspres , 14 Oktober 2018

Kalimat esai yang sesuai kutipan cerpen tersebut adalah…

  • a.      Pengarang cerpen “Petang diTaman “ ingin menghadirkan cerita yang biasa dialami orang. Cerita tersebut didukung olehpenggambaran latar dan konflik yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari – hari.
  • b.   Pengarang cerpen :Petang di Taman “ memiliki kekuatan menulis cerita kehidupan seseorang . Tema cerita diangkat berdasarkan peristiwa yang seringterjadi dalam kehidupan sehari- hari , meskipun terdapat unsure fantasi.
  • c.   Pengarang “Petang di Taman “menyuguhkan cerita ringan yang dapat dialami dalam kehidupan sehari- hari . Dengan demikian pembaca harus meluangkan waktu untuk memahami maksud cerita tersebut.
  • d.  Pengarang cerpen “Petang di Tamaan “menampilkan sifat tokohcerita dimiliki pada zaman sekarang. Penggambaranperistiwa crita tersebut sesuai dengan peristiwa yang dialami orangg pada zaman sekarang.
  • e.      Pengarang cerpen “Petang di Taman “ menghadirkan cerita yang kompleks. Peristiwa dalam cerita berkisah masalah – masalah hidup yang rumit dan tidak dapat ditemui dalam kehidupan sehari – hari.

ANS: A

 

15.  Perhatikan puisi berikut !

Perjamuan Petang

Dua puluhtahun yang lalu ia dilepas ayahnya digerbang depan rumahnya

“ tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina

Jangan pulang sebelum benar – benar jadi orang “

Dua puluhtahun yang lalu ia tak punya celana

yang cukup pantas untuk dipakai ke kota.

Terpaksa ia pakai celana ayahnya.

Memang agak kedodoran , tapi cukup keren juga.

“ Selamat jalan.Hati – hati jangan sampai celanaku hilang.”

Dikutip dari : JokoPinurbo , Kekasihku ,Jakarta ,Kepustakaan Populer Gramedia, 2004.

Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut adalah…

  • a.      Diksi yang digunakan dalam puisi mengandung arti yang menyentuh.
  • b.      Diksi yang digunakan dalam puisi tersebut terlalu lugas dan sederhana.
  • c.       Diksi yang digunakan dalam puisi tersebut tidak bermakna denotative.
  • d.      Diksi yang dipakai mempergunakan citra penglihatan.
  • e.      Diksi yang digunakan dalam puisi tidak berkaitan dengan tema.

ANS: B

 

16.  Saya cuma mengunyah makanan diam – diam karena kalau mama anak – anak sudah buka bicara larinya pasti ke sembako , hidup susah , makan gaji tanpa tambahan. Ujung – ujungnya , akan sampai soal saya , yang tidak pandai berinduk semang sehingga tak pernah kebagian memegang proyek, padahal sudah dua puluh tahun bekerja sebagai pegawai negeri. “ Papamu ini memang sudah dari sononya aneh – aneh. “ Rini , istri saya , sudah nmulai seperti yang saya duga. Memangnya, papa aneh, mahasiswa gembel begitu saja diajak ngobrol ngalor – ngidul. Akrab lagi. Kemarin ini, Sanip datang menawarkan taktik untuk menggaet proyek, eh, malah disuruh pergi”. “Dia”. Sanip itu, memang, biang kongkalingkong di kantor. Yang penting kantungnya penuh. Tidak peduli itu bukan uang nenek moyangnya. Dia itu sudah pernah kena peringatan. Untung bos kami masih kasihan. Kalau tidak, dia itu diadili, “jelas saya. “Makanya, pandai – pandai, agar kita bisa hidup agak lumayan, “.............

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi penggalan cerpen tersebut adalah............

  • a.        Dialog antara tokoh saya dan Rini kurng mencerminkan konflik sehingga konflik              terbangun kurng terlihat tajam dan cerita terkesan berjalan datar.
  • b.      Dalam ruang yang sempit , cerpen “Darmon mampu mengungkapkan banyak      hal, besar yaitu masalah reformasi , korupsi , perilaku mahasiswa yang beragam , dan perilaku pegawai negeri.
  • c.        Lingkaran antara perjuangan reformasi dan tuntutan memenuhi kebutuhan hidup terlihat dalam tokoh cerpen “Darmon “ yang sering melakukan protes atas tindak korupsi.
  • d.      Cerita para tokoh dalam cerpen tersebut dapat dijadikan sebuah pelajaran yang amat berharga bagi para pembaca , terutama orang – orang yang sering berhubungan dengan pasar.
  • e.       Bagaimana menyikapi suatu permasalahan seperti yang terjadi antara tokoh dalam cerpen “Darmon “ tersebut merupakan sebuah pelajaran berharga bagi pembaca dan dapat dijadikan pelajaran yang berarti.

ANS: A

 

17.  Mie instan kerap disebut makanan tidak sehat karena kandungan karbohidrat dan lemakyang tinggi, tetapi rendah protein, serat , vitamin, dan mineral . Selain itu , mie instan mengandung garam atau sodiumyang tinggi. Kandungan MSG atau monosodium glitamat pada bumbu mie instan memiliki risiko kesehatan. MSG memicu reaksi alergi dengan gejala rasa sakit pada dada, berkeringat , jantung berdebar, dan sakit kepala. Mie instan juga diduga meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit seperti, diabetes, strok, dan penyakit jantung.

Dikutip dari : http/ hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/kebanyakan-makan-mie-ins

tan/,11November 2018.

Kalimat yang merupakan fakta adalah…

  • a.       Mie instan kerap disebut makanan tidak sehat.
  • b.      Mie instan terdapat kandungan karbohidrat, lemak , tetapi rendah kalori.
  • c.       Mie instan mengandung garamatau sodium yang tinggi.
  • d.      Mie instan terdapat kandungan MSG atau monosodium glitamat yang memilikiresiko tinggipada kesehatan.
  • e.       Mie instan menimbulkan resiko diabetes, strok dan penyakit jantung.

ANS: E

 

18.  Manchester kaya akan museum. Salah satunya adalah Imperial War Museum  North yang berhasil mengalahkan daya tarik Museum London dengan dukungan teknologi interaktifnya. Sementara itu ,Mancesther Art Gallery yang baru- baru ini mengalami pemugaran dan perluasan hamper dua kali lipatdari luas sebelumnya, dikenal dengan karya – karya seni Pra- Raphaelite , seni dekoratif sepertikaca, perkakas logam , porselen , perak dan perabot lainnya. Hal terbaru yang membuat fenomena museum di Mancesther makin kuat adalah dibukanya museum sepak bola nasional. Bangunan kaca segitiga ini menyimpan koleksi seragam sepak bola hingga bola Piala Dunia yang ditandatangani serta memorabilia lainnya. Tapi keunggulan utamanya adalah dalam menjelaskan sejarah sepak bola dan pentingnya sepakbola dimata penggemarnya.

Penilaian terhadap isi teks tersebut adalah…

  • a.     Mancesther adalah sebuah kota yang dipenuhi dengan museum yang mempunyaisejarah bertaraf internasional dari berbagai bidang.
  • b.  Mancesther memang terkenaldengan sepak bolanya yang dipelopori oleh kesebelasan terkenal Mencesther United.
  • c.   Meskipun namanya Museum Sepak Bola Nasional , tetapi isinya adalah sejarahsepak bola dan kesebelasan sepak bola dunia.
  • d.  Perluasan dan pemugaran museum sebagai sarana pengetahuan mutlak diperlukan bila sebuah Negara ingin diakui Negara lain.
  • e.   Kecuali museum seni dan museum olahraga , Mancesther juga memiliki museum perang yang sangat lengkap melebihi museum London.

ANS: A

 

19.  Manchester kaya akan museum. Salah satunya adalah Imperial War Museum  North yang berhasil mengalahkan daya tarik Museum London dengan dukungan teknologi interaktifnya. Sementara itu ,Mancesther Art Gallery yang baru- baru ini mengalami pemugaran dan perluasan hamper dua kali lipatdari luas sebelumnya, dikenal dengan karya – karya seni Pra- Raphaelite , seni dekoratif sepertikaca, perkakas logam , porselen , perak dan perabot lainnya. Hal terbaru yang membuat fenomena museum di Mancesther makin kuat adalah dibukanya museum sepak bola nasional. Bangunan kaca segitiga ini menyimpan koleksi seragam sepak bola hingga bola Piala Dunia yang ditandatangani serta memorabilia lainnya. Tapi keunggulan utamanya adalah dalam menjelaskan sejarah sepak bola dan pentingnya sepakbola di mata penggemarnya

Paragraph tersebut ide pokoknya adalah…

  • a.       Menjelaskan sejarah sepak boladan pentingnya sepak bola di mata penggemarnya.
  • b.      Mancesther kaya akan museum.
  • c.       Imperial War Museum North yang bias mengalahkan daya tarik Museum London.
  • d.      Kuatnya Mencesther  hingga Piala dunia ditandatangani.
  • e.       Mancesther Art Galery mengalami pemugaran.

ANS: B

 

20.              Perjamuan Petang

Dua puluhtahun yanglalu ia dilepas ayahnya digerbang depan rumahnya

“ tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina

Jangan pulang sebelum benar – benar jadi orang “

 

Dua puluhtahun yang lalu ia takpunya celana

yang cukup pantas untukdipakai ke kota.

Terpaksa ia pakaicelana ayahnya.

Memang agakkedodoran , tapi cukup keren juga.

“ Selamat jalan.Hati – hatijangan sampai celanaku hilang.”

 

Dikutip dari : Joko Pinurbo , Kekasihku ,Jakarta ,Kepustakaan Populer Gramedia, 2004.

Jangan pulang sebelum benar – benar jadi orang dalam puisitersebut bermakna…

  • a.      Tidak boleh pulang kalau belum menjadi orang sukses.
  • b.      Tidakakan pulang kalau belum berhasil.
  • c.       Tidak akan pulang kalau belum kaya raya.
  • d.      Tidak akan pulangkalaubelum jadiorang.
  • e.      Tidakakan kembali ke rumah sebelum kaya.

ANS: A

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023