Pages

Senin, 15 Juni 2015

Konflik Palestina - Esrael , Zionisme, dan konflik Libanon

A. Konflik Palestina –Israel

              Konflik antara palestina-Israel merupakan konflik antara bangsa Arab dengan bangsa Yahudi yang telah berlangsung lama. Bangsa Arab menganggap bahwa Palestina merupakan tempat atau tanah suci untuk umat Islam demikian juga dengan bangsa Yahudi yang menanggap pahwa Palestina merupakan tempat suci agama Yahudi.

             Menghadapi PD I Inggris berusaha mendekati kedua belah pihak untuk memperolah bantuan. Kepada bangsa Arab, Inggris menyanggupi kemerdekaan negara Arab termasuk Palestina. Kepada Yahudi, Inggris menyanggupi akan memberikan sebuah negara. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Balfour Declaration (2 Nopember 1917) yang isinya :
       a.    Akan mendirikan A National Home untuk bangsa Yahudi di Palestina
       b.    Hak-hak bangsa bukan Yahudi tidak akan dirugikan.
       Dengan adanya Balfour Declaration gerakan Zionisme semakin pesat.

B. Gerakan Zionisme

             Gerakan Zionisme yaitu gerakan kembalinya bangsa Yahudi yang tercerai berai di penjuru dunia untuk kembali ketanah leluhurnya Palestina. Hal ini menimbulkan protes dari bangsa arab karena merugikan bangsa Arab.
       Gerakan Zionisme didirikan oleh Theodore Herzl pada tahun 1895. Tujuannya adalah :
       -      Mempersatukan orang Yahudi di seluruh dunia menjadi satu negara
       -      Menuntut Palestina sebagai tanah air bangsa Yahudi
       -      Mendirikan kembali negara Yahudi (Israel di Palestina)
       -      Mengesahkan kembalinya orang-orang Yahudi ke Palestina
             Pada tanggal 15 Mei 1948 dianggap sebagai peristiwa penting karena Israel memproklamasikan nerdirinya negara Republik Israel.Sedangkan bangsa arabseperti Mesir, Irak dan Suriah menolak berdirinya Negara tersebut,para petinggi Palestina kemudian membentuk Organisasi Pembebasan palestina yang dipimpin Yasser Arafat.Tahun 1993 terjadi perundingan di Oslo ,Norwegia yang  yang menghasilkan perjanjian yang merupakan langkah terobosan menuju Palestina yang Idependen.Usaha damai tersebut menjadikan pimpinan Palestina Yaser  arrafat dan pimpinan Israel Yitzak Rabin serta Simon Peres meraih Nobel perdamaian pada tahun 1994.


C.   Konflik Libanon

       Libanon merupakan bekas jajahan Perancis , sumber sengketa di Libanon adalah:
  •               Berdasarkan perjanjian 1943 disepakati pembagian kekuasaan antara golongan Kristen     dengan golongan Islam
  •                Masalah ekonomi dampak dari kesenjangan social ekonomi karena golongan muslim        yang menuntut pembagian pendapatan.
  •                Campur tangan Negara-negara adikuasa  dan Arab yang mendukung pihak-pihak yang      bersengketa
       Pada bulan Oktober 1976 disepakaaati oleh Presiden Lebanon elias Sarkis,Yaser Arafat,Arab Saudi,Kuwait, dan Mesir bahwa keamanan Lebanon Selatan diserahkan pada syiria dan PLO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023