Pages

Senin, 15 Juni 2015

APARTHEID DAN MUNCULNYA NEGARA BARU SETELAH BERAKHIRNYA PERANG DINGIN

Perang dingin tidak hanya mengakhiri konflik Barat dengan Timur saja, melainkan juga munculnya nasionalisme baru di berbagai kawasan dunia. Munculnya nasionalisme baru di kawasan dunia ini umumnya dipicu adanya rasa ketidakpuasan selama masa pemerintahan sebelumnya. Seperti masalah komunis yang kolot dan kejam, pemerintahan yang otoriter serta adanya penindasan.

1.    Masalah Apartheid di Afrika Selatan 




              Kata Apartheid berasal dari bahasa Afrika (Pemisahan) yaitu politik rasial yang dilakukan oleh pemerintah minoritas kulit putih Afrika Selatan terhadap mayoritas kulit hitam (penduduk Asli) juga dilakukan  disegala hak dan menempatkan golongan minoritas sebagai golongan kelas satu.Politik Apartheid pertama kali dikembangkan pada tahun 1948 oleh Partai Nasional Afrika yang berkuasa saat itu.     Pencipta Politik Apartheid presiden Francois Malan yang berkuasa pada tahun 1947-1954 menyusun teori Politik Apartheid yang mengajarkan bahwa setiap ras mempunyai penggilan terntentu dan harus memberikan sumbangan budaya kepada dunia.
       Wujuda kebijaksanaan Apartheid antara lain :
  1.              Land Act yaitu undang-undang yang mengatur masalah kepemilikan tanah yaitu warga kulit hitam tidak dibenarkan memiliki tanah di luar yang telah ditentukan.
  2.              Group Area Act yaitu undang-undang yang mengatur masalah penindasan warga kulit hitam dengan kulit putih.
  3.              Population Regristration Act yaitu undang-undang yang mengharuskan warga kulit hitam harus mendaftarkan diri menurut kelompoknya masing-masing.
  4.              Warga kulit hitam tidak diperkenankan turut serta dalam pemilu.
  5.              Warga kulit hitam yang akan masuk wilayah kulit putih harus membawa surat ijin.
  6.              Gaji warga kulit hitam dengan kulit putih 1 : 10 - 30 kali lipat.
     Praktek politik apartheid mendapat reaksi dunia internasional sebab berbau rasialis. Di Afrika   sendiri mendapat perlawanan dari warga kulit hitam seperti yang dilakukan oleh  Uskup Agung   Desmont Tutu dengan mendirikan United Democratic Front (UDF) dan Nelson Mandela melalui   organisasi modern ANC (Africa National Congrees). Mereka menentang sehingga dipenjarakan   oleh penguasa kulit putih selama 27 tahun.Perjuangan terhadap Politik Apartheid
        Juga dilakukan oleh partai kebebasan Inkhata yang dipimpin oleh Mangusuthu Uthelezi dan   perjuangan Raja Zulu Goodwill Zwelithini yang menginginkan bentuk pemerintahan kerajaan   lepas dari Afrika selatan




      Perjuangan rakyat Afrika untuk menghapuskan Politik Apartheid menemukan jalan terang ketika   F.W.De Klerk menggantikan posisi Botha  sebagai Presiden Afrika Selatan  mengambil tindakan-   tindakan yang penting untuk menyingkap tabir Politik Apartheid sebagai berikut :
  1.      Pejuang kulit hitam Afrika Selatan Nelson Mandela dibebaskan pada tanggal 11 Februari 1990
  2.      Bulan Februari dilakukan penghapuskan tiga undang-undang yang berbau rasialisme       
  3.      menghapus politik Apartheid
  4.     Menyelengarakan pemilu umum multi ras,yang dimenangkan oleh ANC pada tanggal 10 Mei 1994Nelson Mandela terpilih jadi presiden.


      2.  Nazionalisme Lithuania

             Lithuania merupakan negeri bagian Uni Sovyet yang pertama kali berusaha untuk merdeka. Sejak 11 Maret 1990 dengan presidennya Vytautas Landbergis, namun tidak diakuo oleh Uni Sovyet. Baru bulan September 1991 Lithuania memerdekakan negaranya lagi dengan presidennya Algirdas Brazaukas.

       3. Nasionalisme Armenia

             Armenia merupakan daerah bekas Uni Sovyet di Kaukasus dan masuk menjasi Uni Sovye tahun 1922. Nasionalisme Armenia bangkit sejak munculnya glasnost dan perestroika. Sejak tahun 1990 Armenia terjebak perang etnis tentang wilayah Nogorny Karabakh yang terletak di wilayah Azerbaijan, tetapi penduduknya sebagian besar keturunan Armenia.

      4.  Nasionalisme Azerbaijan

                        Merupakan negara bagian Uni Sovyet yang penduduknya mayoritas beragama Islam.             Negara ini memerdekakan diri sejak 30 Agustus 1991 dan membentuk pemerintahan Republik.               Sejak tahun 1988 Azerbaijan terlibat konflik dengan Armenia yang memperebutkan daerah                     Negorny Karabakh. Konflik ini dilatar belakangi agama, etnis dan ekonomi. Orang Armenia                   beragama Kristen, etnis Indo Eropa dan lebih makmur. Sedang orang Azerbaijan beragama Islam,           keturunan Turki dan miskin. Tahun 1992 Presiden Azerbaijan Ayaz N Mutalibouiq dipaksa turun          dan digantikan Abultaz Elchibey karena dianggap lunak terhadap Armenia.

       5. Nasionalisme Georgia

             Georgia adalah bekas wilayah Uni Sovyet yang terletak di Kaukasus. Wilayahnya sebagian di Eropa dan Asia. Tanggal 9 April 1991 Georgia memerdekakan diri dengan bentuk Republik. Presidennya Zuiad Gamsakkordia, dan pada bulan Januari 1992 digantikan Eduard Shevardnadze.

      6.  Nasionalisme Kazakhastan


             Kazakhastan adalah negara bagian Uni Sovyet yang menjadi pusat nuklir Uni Sovyet, serta kota industri dan pusat perkebunan kapasa terbesar. Kazakhastan merdeka 25 Oktober 1990 dengan presidennya Nursultan Nazarbayeu. Dia adalah seorang presiden yang sukses mendatangkan investor dari Amerika Serikat untuk mengembangkan ladang mintak raksasa di Tengkiz dekan laut Kaspia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023