Pages

Senin, 08 Juni 2015

PROSES RUNTUHNYA UNI SOVYET

a.Latar belakang Keruntuhan Uni Soviet
          USSR Union of Soviet Socialist Republic merupakan salah satu Negara yang mempunyai wilayah terluas di dunia. Dalam Cold War perang dingin ternyata membuat perekonomian Uni Sovyet yang mempertahankan sistem ekonomi Etatisme tak mampu bersaing dengan kelompok liberal yang mengakibatkan Uni sovyet mengalami kerapuhan yang seterusnya menjadi runtuh. Secara komplit sebab runtuhnya uni Sovyet sbb:

             Sebab Runtuhnya Uni Soviet :
  1.                  SifatTotaliter , pemerintahan dijalankan secara dictator sehingga rakyat hidup dalam situasi ketakutan.
  2.                  Komunisme sebagai doktrin, tiap-tiap orang yang menyumbangkan tenaganya kepada Negara sesuai dengan kemampuannya dan tiap-tiap Negara akan menerima sesuai kebutuhannya.
  3.                  Bubarnya Pakta Warsawa,sejak April 1991 sehingga tidak memiliki kekuatan lagi.
  4.                  Kemunduran ekonomi ,Soviat yang menganut system ekonomi sosialisme dan dikelola secara sentralistik mengakibatkan perekonomian sulit berkembang bahkan mengalami stagnasi
  5.                  Banyaknya etnis yang terdiri dari 15 republik yang dipaksa bergabung.
  6.                  Teknologi Informasi, berkembangnya teknologi menyebabkan Soviet merasa tertinggal dengan  melihat kemajuan di luar negeri.
  7.                  Lahirnya generasi baru,yang menginginkan perubahan dan pembaharuan. yang dipimpin oleh Mikhail Goebacev,Boris yeltsin yang berasal dari Rusia.
            Baca Juga : peran Indonesia dalam konflik Kamboja


       b. Gerakan pembaharuan di Uni Soviet.

             Gerakan pembaharuan di Uni Soviet yang menghendaki dihapuskannya paham komunis.Gerakan ini mendapat dukungan penuh dari Mikhail Gorbacev (Pimpinan tertinggi Partai Komunis) Pada tanggal 11 Maret 1985 menandai berakhirnya suksesi. Ia mencanangkan suatu ide untuk membuka jalan menuju kea rah pembaharuan seperti berikut:
  1.                  Glasnots (Keterbukaan), yaitu mengacu untuk membuka diskusi umum tentang beberapa masalah baik masalah baik politik, ekonomi, social dan kebudayaan.
  2.              .   Perestroika,restrukturisasi ekonomi/penataan kembali dalam bidang ekonomi .
  3.                  Demo Cratizatsia (demokratisasi masyarakat) berakibat pada lahirnya kelompok oposisi di parlemen maupun masyarakat.
  4.                . Zokonost (legalitas)
  5.              .   Novoye Mysecheleniye (pemikiran baru politik luar negeri)
                                    Konsep ini mengalami kegagalan dan membawa situasi ekonomi,stabilitas politik dan  kehidupan didalam masyarakat bertambah buruk.Dampak yang paling nyata adalah adanya tuntutan dari negara-negara bagian untuk berdaulat sendiri dan hancurnya komunis Uni Soviet. Usaha untuk merdeka dari negara-negara bagian di mulai oleh Georgia 9 Maret 1990 (gagal), disusul oleh Lithuamia 11 Maret 1990 dan kemudian diikuti oleh negara bagian yang lain untuk mewadahi negara-negara bekas Uni Soviet maka Rusia, Belarus dan Ukraina membentuk CIS (Commnweolt of Indepence States) atau disebut juga PNM (Persemakmuran Negara-negara Merdeka).




Dampak runtuhnya Uni Sovyet sebagai berikut :
  1.     .  Munculnya negara-negara baru bekas Uni Soviet
  2.        Amerika Serikat tidak ada tandingannya
  3.        Komunis Internasional gulung tikar
  4.        Ekonomi Asia memburuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023