Bapak Ibu guru dan siswa-siswi yang menginginkan buku paket silahkan down load dibawah ini :
Buku guru kurikulum 2013 :
1. buku guru sejarah klas XI
2. buku guru bahasa Indonesia klas XI
3. buku guru bahasa Inggris
Selasa, 22 September 2015
Kamis, 10 September 2015
Permendikbud Kurikulum 2013
Bapak Ibu yang memerlukan Permendikbud yang berhubungan dengan kurikulum 2013 silahkan di download berikut ini :
- Permendikbud no 59 2014
Selasa, 11 Agustus 2015
KERAJAAN SRIWIJAYA
1. Sejarah dan Lokasi
Kamis, 02 Juli 2015
HADIST TENTANG SHOLAT
مسند
أحمد ١٣٧٨٠: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ سَمِعْتُ ابْنَ الْمُنْكَدِرِ غَيْرَ
مَرَّةٍ يَقُولُ عَنْ جَابِرٍ وَكَأَنِّي سَمِعْتُهُ مَرَّةً يَقُولُ
أَخْبَرَنِي مَنْ سَمِعَ جَابِرًا وَظَنَنْتُهُ سَمِعَهُ مِنْ ابْنِ
الْمُنْكَدِرِ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيلٍ عَنْ جَابِرٍ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكَلَ لَحْمًا ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ
وَأَنَّ
أَبَا بَكْرٍ أَكَلَ لَحْمًا ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ وَأَنَّ
عُمَرَ أَكَلَ لَحْمًا ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ
Musnad Ahmad 13780: Telah menceritakan kepada kami
Sufyan saya telah mendengar Ibnu Al Munkadir
HADIST IBADAH
قَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ
يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
صحيح البخاري ١
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan” Shahih Bukhari 1:
صحيح البخاري ١
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan” Shahih Bukhari 1:
Rabu, 01 Juli 2015
MANFAAT BELAJAR SEJARAH
A. MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH SEBAGAI EDUKATIF
Sejarah
pada hakekatnya merupakan dimasa yang akan dialog yang tidak berkeputusan
antara masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Dengan mempelajari
sejarah kita menjadi tahu peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau
yang meliputi : latar belakang, peristiwanya serta akibatnya. Sehingga kita
dapat mengambil hikmah dan manfaat dari segala peristiwa yang kita pelajari
yang berupa ide-ide maupun konsep-konsep kreatif dari sejarah.
Hal ini sesuai
dengan pendapat tokoh sejarawan seperti :
Selasa, 23 Juni 2015
Perkembangan Agama Budha
Agama Budha diajarkan oleh
Sidharta, putra Raja Sudhadana dari kerajaan Kosala, Kapilawastu. Sidharta
berarti orang yang mencapai tujuan.
Perkembangan agama Hindu di Indonesia
Agama Hindhu sebenarnya merupakan sinkretisme antara kepercayaan bangsa Arya dengan kepercayaan bangsa Dravida. Sifatnya Polytheisme yaitu percaya terhadap banyak dewa. Tiap-tiap dewa merupakan lambang kekuatan terhadap alam. Beberapa dewa yang terkenal adalah : Prativi (Dewa Bumi), Surya (Dewa Matahari), Bayu (Dewa Angin), Baruna (Dewa Laut), Agni (Dewa api) dan sebagainya.
Jumat, 19 Juni 2015
PERANG DINGIN , PROSES GLOBALISASI, DAN DIALOG UTARA SELATAN
Perang Dingin yaitu perang rebutan pengaruh antara blok barat (liberal0 dan blok Timur ( Komunis).
Perang ini menimbulkan polar-polar dunia, sehingga dunia terpecah-pecah, banyak negara juga mengalami perpecahan seperti Korea utara dan Korea Selatan, Jerman Barat dan Jerman Timur dll.
Perang ini menimbulkan polar-polar dunia, sehingga dunia terpecah-pecah, banyak negara juga mengalami perpecahan seperti Korea utara dan Korea Selatan, Jerman Barat dan Jerman Timur dll.
Senin, 15 Juni 2015
PROSES PERPECAHAN NEGARA YUGOSLAVIA
Yugoslavia
merupakan wilayah yang telah mengalami perpecahan selama dua kali yaitu pada
masa pemerintahan kerajaan maupun republic .Masalah utama dalam mendirikan
Yugoslavia adalah konflik antara ide pembentukannya dengan kenyataan bahwa
orang-orang yang akan tinggal di dalamnya memiliki perbedaan .Sebelum mereka tidak pernah
bergabung dalam system politik yang sama aspirasi dan keinginan untuk bersatu
hanya dilandaskan pada kemiripan asal-usul dan sama-sama terjajah selama
berabad-abad.
APARTHEID DAN MUNCULNYA NEGARA BARU SETELAH BERAKHIRNYA PERANG DINGIN
Perang dingin tidak hanya mengakhiri konflik Barat
dengan Timur saja, melainkan juga munculnya nasionalisme baru di berbagai
kawasan dunia. Munculnya nasionalisme baru di kawasan dunia ini umumnya dipicu
adanya rasa ketidakpuasan selama masa pemerintahan sebelumnya. Seperti masalah
komunis yang kolot dan kejam, pemerintahan yang otoriter serta adanya
penindasan.
Konflik Palestina - Esrael , Zionisme, dan konflik Libanon
A. Konflik
Palestina –Israel
Konflik
antara palestina-Israel merupakan konflik antara bangsa Arab dengan bangsa
Yahudi yang telah berlangsung lama. Bangsa Arab menganggap bahwa Palestina
merupakan tempat atau tanah suci untuk umat Islam demikian juga dengan bangsa
Yahudi yang menanggap pahwa Palestina merupakan tempat suci agama Yahudi.
Perang Teluk Antara Irak-Iran dan Irak-Kwait
Perang Teluk I (Terjadi pada tahun 1980 - 1988, antara Irak dan Iran)
a. Sebab-sebabnya
:
- Irak dan Iran sama-sama ingin menjadi yang terdepan di kawasan Arab.
- Perebutan daerah Shalt El Arab adalah jalur perairan strategis yang menghubungkan kedua negara menuju Teluk Porsi.
KONFLIK KAMBOJA DAN PERAN INDONESIA DALAM PENYELESAIANNYA
Langganan:
Postingan (Atom)
POSTINGAN UNGGULAN
KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM
CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023