Pages

Jumat, 23 Oktober 2020

FERDINAND MAGELHAEN - DE CALNO PELAYARAN KELILING DUNIA PERTAMA KALI MATERI SI KLAS XI


Kedatangan bangsa Portugis sampai di Indonesia (Maluku) segera diikuti oleh bangsa Spanyol. Ekspedisi bangsa Spanyol di bawah pimpinan Magelhaen, lewat jalur barat menyeberangi samodra Atlantik, menyusuri pantai timur benua Amerika dan sampailah di ujung Amerika Selatan melewai selat Magelhaen dan sampailah di lautan Fasifik. Mengapa pelayaran Spanyol harus lewat jalur barat ? Itu karena Spanyol harus mentaati perjanjian Thordasilas, yang membagi dunia menjadi dua wilayah pelayaran, Sebelah Timur Thordasilas merupakan wilayah pelayaran Portugis, sedangkan sebelah barat Thordasilas merupakan wilayah pelayaran Spanyol. Inilah makanya negara Spanyol selalu lewat jalur barat dalam misi pelayarannya. Dan pada tanggal 7 April 1521 Ekspedisi Ferdinan Magelhaen dan Yuan sebastian De Calno telah sampai di Pulau Cebu. Rombongan Magelhaen diterima baik oleh Raja Cebu sebab pada waktu itu Cebu sedang bermusuhan dengan Mactan. Persekutuan dengan Cebu ini harus dibayar mahal Spanyol sebab dalam peperangan ini Magelhaen terbunuh. 

Dengan meninggalnya Magelhaen, ekspedisi bangsa Spanyol di bawah pimpinan Sebastian del Cano melanjutkan usahanya untuk menemukan daerah asal rempah-rempah. Dengan melewati Kepulauan Cagayan dan Mindanao akhirnya sampai di Maluku (1521). Kedatangan bangsa Spanyol ini diterima baik oleh Sultan Tidore yang saat itu sedang bermusuhan dengan Portugis.baca juga: soal perlawan terhadap penjajahan

Sebaliknya, kedatangan Spanyol di Maluku bagi Portugis merupakan pelanggaran atas "hak monopoli". Oleh karena itu, timbullah persaingan antara Portugis dan Spanyol. Sebelum terjadi perang besar, akhirnya diadakan Perjanjian Saragosa (22 April 1529) yang isinya sebagai berikut.
1) Spanyol harus meninggalkan Maluku, dan memusatkan kegiatannya di Filipina.
2) Portugis tetap melakukan aktivitas perdagangan di Maluku.




Dengan adanya perjanjian Saragosa ini , Spanyol tidak lagi memusatkan perdagangannya di Nusantara. Pelayaran pulang kemudian diteruskan kapten kapal Yuan Sbastian De Calno, menyusuri selat Timor berlayar di Samodra Hindia sampai di Tanjung harapan dan tibalah dinegara Spanyol. Inilah pelayaran pertama mengelilingi dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023